Memaknai Kata ”Generasi Micin”

0
283
Kiki Fatmawati

Oleh: Kiki Fatmawati

Kerap sekali kita dengar istilah micin di kalangan anak muda jaman sekarang. Micin merupakan bumbu pelengkap untuk berbagai masakan, mitosnya micin adalah bumbu yang sangat tidak baik bagi kesehatan kita.

Generasi micin sering disangkut pautkan dengan perilaku remaja zaman sekarang karena sering melenceng dari perilaku normal, memiliki otak yang sedikit melenceng, maksud dari pemikiran yang melenceng adalah ketika gaya, percakapan, atau pemikiran remaja yang tidak masuk akal atau jauh dari penalaran orang biasa. Seperti menyebutkan suatu benda, suatu tempat dengan nama lain yang belum tentu semua orang mengerti dan paham maksud tersebut. Untuk menggambarkan orangnya gini muncul istilah generasi micin.

Micin mendapat cap buruk pada tahun 1968 setelah Dr Ho Man Kwok menulis sebuah surat ke New England journal of medicine mengenai sindrom restoran china. Dalam surat itu, Kwok menceritakan bagaimana dia mengalami mati rasa di bagian belakang leher yang menyebar hingga kelengan dan punggung, lemas,dan berdebar-debar setiap kali makan di restoran china. Kwok sempat menduga bahwa penyebabnyanya kecap dan anggur, tapi kemudian pilihannya jatuh pada MSG (micin) yang digunakan sebagai bumbu pelengkap di restoran china berdampak buruk. Hal ini belum terbukti pasalnya tidak ada fakta yang sangat jelas mengenai mengkonsumsi micin dapat menimbulkan beberapa penyakit.

Untuk itu hingga terbukti bahwa micin sangat tidak baik, sebaiknya untuk saat ini jangan menyalahkan micin ketika melihat remaja dengan pemikiran yang tidak dapat dicerna. Sekian Tulisan yang saya buat semoga bermanfaat dan dapat diterima. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here