Membangun Sepak Bola Perlu Kebersamaan

0
464
Seviandy

Oleh: Seviandy

Dalam menggerakan suatu organisasi tanpa kebersamaan, maka apa pun yang akan diperbuat tidak akan maju. Klub sepak bola tidak lebihnya sebuah perusahaan. Ia memiliki sumber pendapatan, biaya, dan memiliki tujuan untuk berkembang.

Mau seberapa jauh klub melangkah, seberapa hebat klub berprestasi dan seberapa terkenal klub di mata publik, adalah hal yang harus dirumuskan, harus terukur dan terarah, tidak asal jalan.

Untuk membangkitkan atau membangun sepak bola di Tanjungpinang, maka perlu orang-orang yang tepat di belakang layar. Yaitu sumber daya manusia yang mampu melakukan pekerjaannya masing-masing sesuai dengan kompetensi dan pengalaman yang dimiliki.

Membangun sebuah klub sepak bola agar mampu berprestasi dibutuhkan banyak komponen yang saling bersinergi guna mencapai hasil yang maksimal yaitu mulai dari satuan organisasi klub, asisten pelatih, pelatih kiper, pelatih fisik, physio terapi, pemandu bakat dan lainnya. Hingga struktur penunjang kegiatan sepak bola, seperti stadion dan fasilitas pelatih.

Struktur organisasi menjadi penting di klub. Masing-masing individu yang memiliki jabatan di klub memiliki peran yang sama vitalnya. Jangan sampai struktur organisasi yang dibuat tidak jelas dan campur aduk. Jadi, apabila klub sepak bola ingin menjadi besar, maka mulai sekarang perjelas struktur organisasi di klub.

Apabila kita lihat di era sebelumnya, bahwa Tanjungpinang sudah banyak diadakan turnamen sepak bola. Mulai dari pertandingan kampung, wali kota cup sampai ke tingkat provinsi. Namun disayangkan, ujung dari hasil kompetisi itu, tidak ada. Pertandingan berkesudahan begitu saja.

Pemain yang ada dalam pertandingan tersebut, sifatnya dadakan. Tanpa ada pembinaan yang permanen dan kontinyu dalam satu klub.

Maka, saat ini awal memancangkan tonggak, untuk menata pembangunan sepak bola di Tanjungpinang ini.

Mulai dari dari pemerintah daerah, insan sepak bola, serta pemilik atau manager klub-klub di Tanjungpinang, mari duduk bersama, berdiskusi untuk majunya sepak bola di Tanjungpinang. Semua itu akan bangkit jika ada fondasi kebersamaan. Tahniah… Ayo bangkit PSTS. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here