Menanti Berfungsinya Pelabuhan Dompak

0
782
Syafa A’ina

Oleh : Syafa A’ina
Mahasiswa, Ilmu Administrasi Negara, FISIP UMRAH, Tanjung Pinang

Pelabuhan adalah sebuah fasilitas di ujung samudera, sungai, dan danau untuk menerima kapal serta memindahkan barang kargo maupun penumpang yang ada di dalamnya. Menurut Triatmodjo, pelabuhan juga merupakan suatu pintu gerbang untuk masuk ke satu daerah tertentu dan sebagai prasarana penghubung antar daerah, antar pulau, bahkan antar negara.

Kepri merupakan daerah kepulauan yang memiliki daerah-daerah yang terpisah oleh laut seperti Tanjungpinang, Bintan, Batam, Lingga, Anambas, Natuna, Tanjungbatu dan Tanjung Balai Karimun serta daerah pulau lainnya. Dengan demikian jasa transportasi lautlah yang sangat dibutuhkan bagi masyarakat Kepri dalam berpergian ke daerah lain yang ada di wilayah Kepri atau di luar wilayah Kepri. Yang pasti pelabuhan adalah prasarana yang sangat penting sebagai fasilitas bersandar atau berperginya kapal dan juga tempat dimana menaikkan serta menurunkan penumpang yang menaiki jasa transportasi tersebut.

Saat ini kita pasti sudah tahu dengan adanya Pelabuhan Dompak yang berada di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau yang dibangun oleh Kementerian Perhubungan pada beberapa tahun yang lalu dengan anggaran yang tidak sedikit digunakan untuk proyek pembangunan pelabuhan dompak yang sudah menghabiskan sekitar Rp. 120 Miliar. Letak Pelabuhan Dompak ini sangatlah strategis, sebab pelabuhan tersebut terletak di alur dekat laut Selat Malaka dan akan berfungsi menerima pelimpahan sandar, bongkar muat perkapalan dari pelabuhan laut Singapura yg sudah penuh sampai hari ini.Namun, sampai saat ini pelabuhan dompak masih belum berfungsi atau belum beroperasi untuk kepentingan publik dan yang memprihatinkan ialah kondisi pelabuhan dompak yang sekarang sudahdalam keadaan rusak dan tidak terurus. Hal ini sangatlah disayangkan jika pelabuhan dompak tidak berfungsi maka akan sangat merugikan sekali,mengingat sudah betapa besar dana yang telah digunakan untuk proyek pembangunan pelabuhan tersebut.

Baca Juga :  Hutan Mangrove Sumber Ekowisata

Kerusakan yang ditemukan di pelabuhan ini cukup parah pada sejumlah bagian seperti plafon, kaca-kaca yang sudah retak bahkan tak sedikit yang pecah berderai, karat pada bagian pelabuhan yang terbuat dari besi dan cat yang sudah memudar dan sudah banyak fasilitasnya yang tak bisa digunakan lagi lantaran kondisi yang sudah rusak parah. Tak hanya itu, ternyata kondisi fisik bangunan yang kini juga penuh corat-coret tembok dimanfaatkan bagi remaja untuk berfoto. Selain itu juga sering terlihat pasangan anak remaja asik berpacaran ditempat itu. Yang paling miris adalah ponton telah lepas dari kedudukan tiang pancang dermaga pelabuhan yang telah terbengkalai ini.

Baca Juga :  Assessment Center Sebuah Dilema Tuntutan

Pelabuhan Dompak ini sebenarnya sangat menguntungkan baik moril maupun materil bagi Tanjungpinang ibu kota Kepri khususnya RI umumnya. Apabila pelabuhan dompak dapat difungsikan dengan baik untuk kepentingan publik maka akan mendatangkan manfaat yang banyak bagi masyarakat khususnya masyarakat Tanjung Pinang. Karena dapat mengurangi jumlah pengangguran yang ada di sekitar wilayah Kepri ini yaitu dengan dijadikan sebagai tenaga kerja yang dibutuhkan dipelabuhan dompak seperti bagian petugas kebersihan, pos penjagaan pelabuhan, bagian komunikasi dan lain-lain.

Pedagang asongan pun dapat berjualan di sekitar pelabuhan ini karena pasti akan banyak masyarakat Kepri yang datang dan pergi melalui pelabuhan dompak, angkutan umum seperti angkot, taksi dan bus dapat mencari penumpang di pelabuhan tersebut, para penjual makanan seperti nasi padang, nasi lemak dan lainnya sertakedai kopi bisa membuka usaha makanan dan minuman di tempat yang telah disediakan pihak pelabuhan dompak. Di saat penumpang menunggu kapal keberangkatannya mereka bisa singgah ke tempat penjual makanan dan minuman tersebut. Serta dapat menambah pemasukan uang jasa pelabuhan dompak sebagai pendapatan daerah. Sehingga dengan berbagai manfaat yang didapatkan masyarakat Tanjung Pinang akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sesuai dengan tujuan suatu pembangunan yaitu untuk mensejahterakan rakyatnya.

Baca Juga :  Kurangi Mercuri, Pilih Tuna Kecil untuk Dikonsumsi

Dengan demikian diharapkan kepada Pemerintah untuk lebih memberikan perhatiannya dengan serius untuk menangani masalah yang menjadi kendala yang menyebabkan belum berfungsinya pelabuhan dompak hingga saat ini dan segerabertindak untuk memperbaiki fasilitas pelabuhan dompak yang sudah rusak agarpelabuhan dompak dapat segera dioperasikan untuk kepentingan kita bersama. Pelabuhan dompak bisa berfungsi dan dinikmati masyarakat Kepri sebagai pengguna jasa transportasi laut dan dapat menjadi tempat masyarakat mencari nafkah yang berjualan maupun bekerja di pelabuhan dompak khususnya bagi masyarakat Tanjung Pinang sehingga terciptanya kesejahteraan rakyat. ***

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here