Mencari Sosok Caleg Harapan Masyarakat

0
182
Jefri

Oleh: Jefri
Warga Seijang, Tanjungpinang

Pesta Demokrasi di Indonesia sudah dimulai. Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah mengumumkan Daftar Caleg Tetap (DCT). Yang brkompetisi selain anggota dewan yang aktif juga banyak calon pemula atau.

Menyambut tahun 2019 politik ini. Para caleg tentu masing-masing antusias mengikuti pesta demokrasi ini.

Saat ini tentu merupakan saatnya bagi para caleg untuk menarik simpati masyarakat, agar bisa terpilih untuk periode lima tahun ke depan. Berbagai cara pendekatan terus dilakukan. Dari mulai silaturahmi, ngopi bersama, mengunjungi tempat tempat orang berduka serta mendatangi warga yang sedang hajatan. Tidak hanya itu, ada juga yang masuk lewat jalur pengajian, paguyuban serta banyak cara lain untuk menatik simpati.

Jumlah Caleg tentu sangat banyak. Selai untuk posisi DPRD Kota, juga untuk DPRD Provinsi, DPR RI serta untuk posisi DPD.

Bagi caleg yang kini masih mnejabat sebagai anggota DPRD priode ini, ada baiknya menrenung sejenak apa dan mengingat-ingat, apakah kinerjanya selama ini sudah mewakili tanggungjawab sebagai wakil rakyat? Apakah masih layak dipilih lagi untuk periode 5 tahun ke depan?

Tentu saja masyarakat berharap calon dewan yang terpilih, adalah sosok tokoh yang bisa memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Masyrakat di Kepri khususnya, tentu sudah semakin jeli dalam memilih calon anggota dewan (caleg) yang layak untuk menjadi wakil rakyat. Janji politik tentu bukan menjadi faktor utama lagi dalam menentukan pilihan. Bagi yang sering menebar janji, tetapi tak pernah ditepati, bersiaplah menerima dampak dari sosok yang ingkar janji. Selain itu, para caleg juga harus mengedepankan kejujuran dan memiliki pola pikir yang lebih baik dari masyarakat awam serta memiliki jiwa sosial yang tinggi.

Caleg harus selalu berada di pihak orang banyak. Dan sikap itu mesti dipertahankan walau sduah terpilih menjadi dewan. Tidak hanya itu saja. Caleg juga harus punya dan memiliki integritas yang tinggi. Dengan demikian, ia bisa menjadi wakil rakyat yang mampu memperjuangkan kepentingan masyarakat.

Melihat antusias para caleg di Pemilu serentah 2019 nanti, tentu akan menjadi berkah tersendiri bagi orang banyak. Dengan banyaknya caleg yang maju tentu masing-masing mendadak memiliki jiwa sosial yang tinggi hingga semakin banyak masyarakat lemah yang terbantu dalam berbagai hal termasuk dalam urusan ekonomi.

Jika masyarakat salah pilih, tentu dampaknya akan merugi dalam waktu yang lama. Tidak sedikit caleg yang maju hanya untuk memperbaiki perekonomiannya dan urusan amsyarakat bukan lagi tugas utama..

Selain caleg yang taat beragama dan punya jiwa sosial yang tinggi, calon anggota dewan yang layak dipilih juga yang memahami makna Pancasila, UUD 45 dan peraturan perundang-Undang di negeri ini.

Salah satu tugas Dewan adalah melakukan pengawasan. DPRD mempunyai tugas dan kewenangan yang sangat besar dalam melakukan pengawasan terhadap penyelenggaraan pemerintahan di daerah. Termasuk terhadap pelayanan publik. Di daerah, DPRD sebagai lembaga perwakilan rakyat di daerah mempunyai peran penting dalam tata kelola pemerintahan di daerah.

Para anggota Dewan di daerah harus berperan besar dalam mengupayakan demokrasi dan mewujudkan tata pemerintahan yang baik dan efisien di daerah. Fungsi pengawasan DPRD relatif masih kurang berkembang, terutama pengawasan terhadap pelayanan publik. Peningkatan fungsi pengawasan DPRD tentu saja akan berdampak positif pada peningkatan kualitas pelayanan publik di daerah, baik dari aspek penyelenggaraan maupun produk layanan.

Selain fungsi pengawasan tersebut, calon dewan (DPRD) harus benar-benar memahami dan mengerti mengenai fungsi dan tugasnya, agar masyarakat tidak memegang harapan pada permasalah-permasalahn yang bukan merupakan tanggungjawab anggota dewan (DPRD). Selain itu masyarakat juga perlu tahu tentang tanggungjawab dan tugas apa yang akan diemban oleh seseorang yang akan duduk di lembaga DPRD nanti. Calon dewan (DPRD) harus mampu memberikan pencerahan-pencerahan kepada masyarakat.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here