Mendaftar ke KPU, Demokrat Pakai Baju Adat

0
610
Penyerahan berkas: Ketua DPC Partai Demokrat Tanjungpinang, Pepy Candra menyerahkan berkas pendaftaran di Sekretariat KPU Tanjungpinang, Senin (16/10). F-Fatih/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Dewan Pengurus Cabang Partai Demokrat Tanjungpinang punya komitmen yang tinggi dalam kerja-kerja politiknya agar tetap dapat mendukung dan melestarikan kebudayaan Melayu. Hal itu dibuktikannya kala mendaftarkan keikutsertaannya pada pemilu di Kantor KPU Tanjungpinang, Senin (16/10) kemarin.

Ketika parpol-parpol lain yang mendaftar mengenakan pakaian berupa seragam partai, tidak halnya dengan Partai Demokrat. Para pengurus inti partai tersebut datang dan mendaftar mengenakan pakaian adat dari ragam suku bangsa di Indonesia.

Ketua DPC Partai Demokrat Tanjungpinang, Pepy Candra menyebutkan, pilihan ini memang disengaja. ”Sebagai bukti dari komitmen kami agar tetap menjunjung budaya dalam kerja-kerja politik yang kami lakukan. Kami berkomitmen agar senantiasa bekerja dengan berbudaya,” ujar Pepy.

Baca Juga :  Tahanan Kabur Diamankan di Dumai

Pada prosesi pendaftaran kemarin, ada yang mengenakan pakaian adat Melayu, Jawa, Bugis, Papua, hingga etnis Tionghoa. Keragaman suku bangsa, sambung Pepy, memang jadi semangat yang memperkaya dalam kerja-kerja politik yang diinisiasi partainya. Di Tanjungpinang, kata dia, kebhinekaan itu juga yang membentuk kekuatan dan kekompakan dalam jajaran internal kepengurusan partainya.

”Demokrat ingin memperteguh kepada khalayak bahwa kebhinekaan yang dipunya bangsa kita itu adalah sebuah kekayaan. Patut dijaga dengan penuh kebanggaan. Sebab itu kami wujudkan dalam kerja-kerja politik kami,” ujar politisi perempuan yang kini juga berstatus anggota Komisi II DPRD Tanjungpinang ini.

Baca Juga :  Lis: Izin Reklamasi Sudah Ada Sejak 2003

Pilihan berupa mendaftar di hari terakhir memang juga digagas lantaran seluruh pengurus Partai Demkorat tingkat kabupaten/kota se-Indonesia serentak mendatangi KPU setempat pada pukul 16.00 WIB kemarin. Dan ditekankan pula oleh amanat Sekjen DPP Partai Demokrat, kata Pepy, agar pengurus tingkat kabupaten/kota bisa memberikan nunasa yang berbeda ketika mendaftar ke KPU.

”Makanya kami menggagas pendaftaran ini tidak perlu kaku-kaku atau terlalu formil, perlu juga sedikit santai dan ceria agar harapannya bisa tercermin pada pelaksanaan pemilu ke depannya. Itulah tadi kenapa sampai ada menari Baby Shark agar suasana jadi lebih cair dan hangat,” ujar Pepy.

Baca Juga :  Lari 10 K Jadi Objek Wisata Baru

Sebab telah melakukan pendaftaran dan penyerahan berkas untuk diverifikasi pada hari terakhir pendaftaran, Pepy menyatakan, seluh persyaratan yang ditetapkam telah dipenuhi oleh jajarannya. Hal ini sudah dipastikan sejak jauh-jauh hari supaya ketika proses verifikasi dilangsungkan, tidak ada lagi kekurangan yang menyusul.

”Bukan karena kami kerepotan menyiapkannya lho. Tapi kami sangat santai dan ceria juga optimistis menyambut pemilu tahun depan. Itu tercermin dari keseruan pendaftaran kami hari ini,” pungkas Pepy. (tih)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here