Mendagri: Pemekaran Provinsi Natuna-Anambas Tak Mudah

0
1045
PENJELASAN mendagri: Mendagri Tjahyo Kumolo menjelaskan wacana Pemekaran Provinsi Natuna-Anambas di hadapan Gubernur Kepri dan para menteri lainnya. F-hardiansyah/TANJUNGPINANG POS

Natuna – MENTERI Dalam Negeri Tjahyo Komolo menegaskan, terkait usulan pemekaran Provinsi Natuna-Anambas, menurutnya tidak semudah yang dibayangkan. Membentuk satu provinsi itu tidak mudah, perlu ada kajian dan persyaratan yang harus dilalui.

”Karena dengan dimekarkannya Natuna menjadi provinsi setidaknya lebih dulu diutamakan pembangunannya. Jangan sampai seperti provinsi yang sudah ada sekarang, ada beberapa provinsi yang hingga saat ini pembangunanya belum menampakkan hasil yang bisa menyejahtrakan masyarakatnya,” kata Mendagri Tjahyo Kumolo saat jumpa pers di ruang VIP Lanud Raden Sadjad, kemarin.

Pemerintah tidak ingin wacana pemekaran provinsi Natuna-Anambas ini cuma hanya di atas kertas saja. Semua infrastruktur perlu kajian matang. Jangan sampai terkesan dipaksakan, setelah dipaksakan dimekarkan ternyata tidak seimbang.

”Kita tidak mau seperti Provinsi Gorontalo dengan 6 Kabupaten satu kota madya namun hanya ada satu kodim saja. Hal inilah yang membuat pusat berfikir bagaimana harus menyiapkan infrastruktur keseluruhannya,” jelasnya.

Ia menjelaskan, berdasarkan instruksi dan keinginan Bapak Presiden Joko Widodo yakni Natuna sebagai pusat pembangunan sentral perikanan terbesar se-asia tenggara terlebih dahulu.

”Setelah semuannya berkembang di Natuna ini, bukan tidak mungkin wacana itu akan teralisasi,” ucapnya. (HERDIANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here