Mendatangkan Investor cuma Angan-angan

0
608
Erson Gempa Afriandi

NATUNA – HINGGA kini perkembangan investasi di Kabupaten Natuna masih jauh dari harapan. Bahkan, sampai saat ini tidak satu pun investor yang masuk ke Natuna untuk menanamkan modalnya. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna telah berupaya, untuk menarik minat investor ke Natuna. Mulai dari promosi, hingga memberikan fasilitas kemudahan untuk pengurusan izin.

Namun, semua yang telah dilakukan tidak membuahkan hasil. Seorang pengamat pembangunan di Natuna Akbar mengatakan, pembangunan yang digesa saat ini didominasi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Untuk itu, segala kemajuan pembangunan yang terus dilakukan pemerintah pusat bukan melalui dana investor.

Baca Juga :  Harga Cabai Terus Merosot

”Sejak pimpinan bupati sebelum periode Hamid Rizal, berbagai cara untuk mendatang investor juga sudah dilakukan. Tetapi selalu saja nihil,” jelas Akbar, Kamis (13/7). Seharusnya, permasalahan seperti itu menjadi poin penting untuk mengantisipasi pembangunan yang sudah dilakukan menjadi sia-sia. Menurut Akbar, bergantinya kepala daerah harus menjadi prioritas utama untuk mendatangkan investasi.

”Namun semuanya itu masih angan-angan. Kita melihat setiap pergantian kepemimpinan berkeinginan supaya banyak investor yang tertarik, tetapi masih nihil hingga saat ini,” terangnya. Selain itu, sektor pariwisata dan pertanian belum juga menunjukkan minat investor asing untuk menanamkan modalnya di Natuna. Persoalan itu masih menjadi perhatian pihak Pemkab Natuna, salah satunya akan membenahi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) yang baru.

Baca Juga :  Dewan Tolak Pembangunan Lapas Narkoba di Natuna

”Salah satu faktor penyebab enggannya wisatawan masuk adalah persoalan RTRW yang belum jelas,” ungkapnya. Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pemkab Natuna Erson Gempa Apriandi saat ditanya tentang perkembangan investasi pariwisata di Natuna, ia hanya menjawab, masih berusaha mengembangkan sektor pariwisata.

”Untuk minat investasi pada sektor pariwisata hingga saat ini belum ada,” singkat Erson Gempa. Untu itu, pihaknya masih berusaha untuk melakukan kerja sama dengan pihak lain untuk menjadikan Natuna lebih dikenal wisatawan mancanegara.(HARDIANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here