Mendengkur, Membahayakan Diri dan Menyiksa Orang Lain

0
490
Dian Fadillah, S.Sos

Oleh: Dian Fadillah, S.Sos
Freelancer Guide dan Pemerhati Jalan-jalan

MENDENGKUR? Mendengkur merupakan kebiasaan beberapa orang ketika tidur. Mendengkur mengganggu bagi orang lain yang mendengar atau bagi pasangan suami istri yang memperuntukkan tidur sebagai kondisi relaxasi manusia untuk mendapatkan istirahat yang berkualitas.

Lain halnya apabila kita tanyakan kepada si pendengkur karena jawabanannya akan bertolak belakang dari orang lain.

Bahayanya apabila tidak cepat-cepat ditanggulangi, maka waktu tidur yang seharusnya dimanfaatkan untuk beristirahat total akan terganggu karena suara berisik dan keras yang dikeluarkan.

Suatu dengkur sebagai kata dasarnya terjadi karena adanya getaran pada struktur pernapasan sehingga menghasilkan suara. Suara yang dikeluarkan bisa soft (lembut) tapi bisa juga (loud) keras.

Sehingga akan tetap menghasilkan gangguan untuk didengar dan membuat orang lain tidak bisa tidur dan terkadang mendongkol karena menambah pusing kepala dan marah-marah.

Aktivitas mendengkur yang dikenal dengan “ngorok” biasanya sebahagian umum disebabkan oleh obesitas/kelebihan berat badan, hobi meminum minuman keras, kebiasaan mengonsumsi obat tidur, mengacu kepada perilaku dengan posisi tidur tertentu, perokok aktif, atau mungkin mengalamai kelainan pada hidung dan tenggorokan baik untuk anak-anak, remaja atau dewasa.

Mungkin banyak dari kita selama ini belum mengetahui bahwa mendengkur bisa pertanda sinyal dan tanda-tanda memiliki penyakit serius (Apnea) gangguan pada saat tidur yang bisa membuat berhenti bernapas selama beberapa detik hingga dua menit saat terlelap sehingga membuat kadar oksigen dalam darah menurun sehingga mengalami kelelahan yang sangat dan diikuti sakit kepala pada keesokannya.

Gangguan gangguan tidur itu sangat erat hubungannya dengan beberapa penyakit kronis “stroke, tekanan darah tinggi, obesitas, dan penyakit jantung”.

Jangan diabaikan … tetap cari jalan keluarnya. Tindakan-tindakan antisipasi segera harus dilakukan demi menjaga ketenangan orang lain beristirahat sekaligus terhindar dari bahaya-bahaya tersebut.

Segera lakukan penanggulangan kebiasaan buruk itu dengan menghindari mengkomsumsi obat-obatan yang diklaim bisa mengatasi dengkur karena belum layak teruji efektif secara medis. Lebih bagus menanggulanginya dengan cara-cara alami dan mudah:

1. Mengubah Posisi Tidur
Tidur pada posisi menyamping ke kiri dan ke kanan merupakan cara yang bisa dicoba daripada kebiasaan tidur terlentang yang bisa membuat punggung terasa tidak nyaman ketika dibaringkan

2. Tidur yang Cukup
Tidur sesuai jadwal dengan kualitas yang berimbang memicu untuk tidur secara efisien di sela sela kesibukan dan kelelahan sehari hari.

3. Hindari Minuman Keras, Obat Tidur, dan rokok
Orang yang mengkonsumsi minum keras pada empat sampai lima jam sebelum tidur bisa membuat dengkuran semakin hebat dan semakin parah sekaligus menghindari konsumsi obat tidur serta rokok

4. Konsumsi Air Putih yang banyak
Dehidrasi yang disebabkan cuaca dan panas yang kuat sesuai dengan gejolak alam yang tidak beraturan menjadi penyebab untuk lebih banya minum air putih bukan juice atau minuman lain sehingga proses pelepasan lendir di hidung dan langit-langit lunak menjadi lengket khusus untuk wanita sebanyak 11 gelas dan pria sebanyak 16 gelas.

5. Cuci Hidung dengan Air Garam, turunkan berat badan serta menjaga kebersihan ruangan tidur
Hidung yang tersumbat bisa ditangani dengan cara membuka saluran rongga hidung agar tetap terbuka sehingga bisa melancarkan peredaran udara yang tersumbat akibat flu atau lainnya.
Sehingga aliran udara yang masuk bisa berubah menjadi dengkuran sehingga harus mencuci hidung dengan larutan air garam layaknya atau mandi air hangat sebelum tidur, menurunkan berat badan serta selalu menjaga kebersihan ruangan tidur setiap saat.

Banyak dokter ahli menyampaikan bahwa pola masyarakat saat ini membuat kita juga harus memahami agar sebaiknya menghindari tidur dimana posisi hewan piaraan berada di dalam kamar sehingga bulu, ketombe dan lainnya akan masuk dan terhirup ke rongga hidung dan akhirnya masuk ke badan.

Apalagi kalau tidak dijaga maka sebagai kawan, anggota keluarga wajib menyampaikan complain karena kondisi tidak menyenangkan itu.

Semoga kita sama-sama menjaga kesehatan diri masing-masing dengan tetap melakukan olahraga setiap hari secara rutin sebagai bentuk antisipasi kesehatan yang utuh.

Olaraga yang rutin setiap saat akan menjaga diri kita agar tetap segar dan fit untuk melakukan aktivitas sehari hari.

Pola makan teratur dan olahraga yang ringan dapat membantu kita terhindar dari penyakit kronis apalagi dapat membersihkan saluran peredaran darah dan pernapasan sehingga tidak ada lagi istilah mendengkur yang akan membuat diri pribadi jadi berbahaya dan orang lain tersiksa berada di dekat kita. Apakah anda mau dijauhi oleh orang terdekat karena mendengkur (ngorok)?***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here