Mengaji Tak Cukup di Sekolah

0
128
BUPATI Bintan H Apri Sujadi dan Kadisdik Bintan Tamsir SSi MSi bersilaturahmi dengan pelajar di musala SMPN 1 Bintan Timur, baru-baru ini. F-ISTIMEWA

Bupati Dorong Pelajar Rajin ke Masjid

BINTAN – PEMKAB Bintan terus mengevaluasi program mengaji sebelum menjalani proses belajar mengajar di bangku SMP. Meski demikian, Bupati Bintan mendorong agar pelajar rajin ke masjid, dan meminta agar orang tua memantau aktivitas anak.

”Mengaji bagi seorang anak, merupakan satu syarat masuk sekolah. Kemudian, pelajar di Bintan juga diwajibkan mengaji sebelum belajar,” kata H Apri Sujadi, Rabu (17/10) kemarin.

Namun, Bupati Bintan H Apri Sujadi masih melihat, banyaknya anak sekolah yang belajar mengaji, hanya sebagai kebutuhan (syarat) untuk masuk sekolah. Usai masuk sekolah SMP, rata-rata anak tersebut tidak melanjutkan pengajian di TPA maupun di masjid. Pelajar merasa sudah cukup, ketika mengaji di sekolah, sebelum belajar.

Bupati masih melihat fenomena itu, bahwa anak-anak mengaji hanya agar bisa mendapatkan sertifikat, lalu melanjutkan sekolah ke jenjang SMP. Usai masuk sekolah SMP, kegiatan mengaji di TPA pun berhenti.

”Saat ini, sedang kita bicarakan dengan instansi vertikal. Mungkin konsepnya bisa menggunakan buku panduan dan ditandatangani pengelola masjid, kemudian diserahkan ke sekolah. Mengaji tak cukup di sekolah, bagi anak,” ujarnya di sela bersilaturahmi dengan pelajar SMPN 1 Bintan Timur, baru-baru ini.

Upaya ini ditekankan H Apri Sujadi, agar pengetahuan agama di kalangan pelajar semakin baik. Sehingga, budi pekerti pelajar Bintan bisa lebih baik, dan terhindar dari tindakan yang menyimpang.

Justru itu, bupati meminta agar orang tua berperan aktif dalam membentuk karakter anak yang berpedoman kepada Islam. Orang tua juga bisa mengajak anaknya mengaji ke masjid atau musala, sekaligus untuk memakmurkan masjid. Upaya itu, sebagai bentuk mempertahankan nilai tradisi Melayu, mengaji usai magrib menjelang waktu isya.

”Tradisi ini tampaknya sudah mulai memudar. Kegiatan mengaji ini tidak hanya membiasakan membaca Alquran, tetapi juga mengajak umat Islam untuk meramaikan masjid dengan salat berjemaah,” tambahnya. (YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here