Mengaktualisasikan Diri Melalui Organisasi

0
2336

Oleh: Nurul Septianti
Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, FISIP UMRAH

Aktualisasi merupakan pengendalian diri yang lebih menekankan untuk menjadi diri sendiri sepenuh kemampuannya. Menjadi apa yang diinginkan sesuai kemampuannya dan juga merupakan proses kematangan diri dalam diri seseorang serta bisa menempatkan dirinya pada potensi yang dimiliki secara tepat.Seorang psikolog humanistik, Abraham Maslow menekankan pada self actualizing atau manusia yang dapat mengaktualisasikan dirinya. Dia mengatakan bahwa dalam jiwa seseorang terdapat suatu hirariki kebutuhan yang mana ia mecoba untuk menempatkan/memuaskan dirinya dengan bekerja.

Dalam pandangan Maslow, manusia yang mengaktualisasikan dirinya, dapat memiliki banyak puncak dari pengalaman dibanding manusia yang kurang mengaktualisasi dirinya.Nah,salah satu cara mengaktualisasikan diri melalui kegiatan organisasi.Organisasi merupakan kegiatan yang di lakukan oleh setiap orang baik itu siswa maupun mahasiswa ataupun masyarakat yang bergerak aktif untuk melakukan perubahan.Organisasi di bentuk karena mempunyai dasar dan tujuan yang ingin dicapai. Pencapaian tujuan bukan hanya untuk kepuasan individual melainkan untuk kepuasan bersama dalam mencapai tujuan. Dengan organisasi kita bisa membiasakan diri untuk menunjukkan rasa sosial yang tinggi. Itu semua bisa diwujudkan dengan bergabung dengan organisasi-organisasi yang ada di ligkungan sekolah baik itu di lingkungan kampus maupun di lingkungan masyarakat. Dari situ kita bisa menunjukkan bahwa kita mampu memberikan dampak yang baik di lingkungan masyarakat. Kita harusnya bisa menjadi contoh bagi rekan-rekan kita yang lain yang akan bergabung nantinya.Organisasi merupakan sesuatu yang tidak bisa dipisahkan dengan siswa apalagi mahasiswa yang menimba ilmu di kampus. Organisasi sebetulnya sangat penting untuk kebaikan kita namun kesadaran berorganisasi itu sangat minim. Sudah semakin berkurang tampaknya yang berminat untuk bergabung dengan organisasi-organisasi.

Baca Juga :  Raihlah Masyarakat Madani dengan Pendidikan Islam

Padahal, dengan berorganisasi kita mampu menemukan jati diri kita sesungguhnya sebagai kaum intelektual. Tidak hanya sekedar duduk dan mendengarkan dosen memberi perkuliahan, tetapi kita juga bisa merasakan kelebihan menjadi seorang pemimpin pada sebuah organisasi.Kita akan merasakan perbedaan antara orang yang berorganisasi dengan orang yang tidak berorganisasi.Dengan berorganisasi maka kita bisa untuk mengeluarkan pendapat dan berbicara di depan umum dengan tenang.

Organisasi juga merupakan sarana untuk menampung seluruh aspirasi yang terjadi di dalam ruang lingkup kegiatan selama ada di lingkungan tersebut.Ibaratnya dalam berorganisasi kita bisa menjadi pemimipin dengan menanggapi dan betanggung jawab atas aspirasi yang diberikan oleh rekan kita.Selain itu,organisasi bisa untuk di praktekkan dalam menjalani sebuah aktivitas di tengah lingkugan masyarakat.Apalagi mahasiwa yang kita ketahui sebagai agent of change dan kita perlu sadari bahwa setiap orang yang melanjutkan dunia pendidikannya ke perguruan tinggi sudah memiliki suatu kewajiban untuk menjadi agen perubahan.jangan hanya duduk berdiam diri tanpa ada menonjolkan kemampuan di dalam diri melalui organisasi.Oleh karena itu penting untuk kita untuk melakukan aktualisasi dengan berbagai kemampuan yang kita miliki sehingga kita bisa menempatkan posisi kita pada tempat yang seharusnya tanpa mesti ragu lagi bagaimana cara mengaktualisasikan diri.

Baca Juga :  Anak di Bawah Umur Rawan Jadi Korban Pelecehan Seksual

Keberhasilan dalam organisasi dipengaruhi oleh orang-orang di dalamnya sehingga organisasi tersebut dapat berjalan dengan lancar.Individu yang mempunyai bakat dan talenta terlebih itu dalam bidang-bidang tertentu itu harus di salurkan jangan hanya memendam talenta tersebut sendiri karena akan merugikan nantinya.oleh karena itu,dengan organisasi minat dan bakat yang timbul dari seseorang bisa tersalurkan dengan baik tanpa harus menjadi beban untuk menghindarinya.Jangan merasa malu jika ikut berorganisasi karena dengan berorganisasi hal yang biasanya sulit untuk di utarakan akan mudah di lakukan tanpa merasa malu karena sudah tertanam jiwa-jiwa pemimpi ketika kita melakukan organisasi. Tidak hanya itu, organisasi juga bisa semakin memperluas pemahaman akan berbagai karakteristik orang serta bagaimana kita bisa berinteraksi dengan tipe-tipe orang. Untuk itu Aktualisasi diri juga diarahkan untuk melakukan perbaikan dalam sikap dan perilaku dengan cara membaktikan hidupnya pada pekerjaan dan kewajiban yang didasarkan pada panggilan hati nurani.Oleh karena itu organisasi merupakan sarana atau tempat mengimplementasikan nilai-nilai rasa tanggung jawab sepenuh hati untuk membentuk jiwa-jiwa pemimpin.

Baca Juga :  Mata Pelajar Penting Itu Sudah Dihapus

Dengan mengaktualisasikan diri kita bisa melakukan sesuatu yang terbaik dari yang kita bisa, untuk menjadi orang yang sesungguhnya, berguna dalam kehidupan masyarakat dan diakui, dihargai dan dihormati keberadaannya sesuai dengan posisi dan peranannya sesuai dengan apa yang kita jalani. ***

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here