Menhub Minta Sekolah Kemaritiman Dibuka

0
674
H Nurdin Basirun

TANJUNGPINANG – Niat Gubernur Kepri untuk membuka sekolah kemaritiman di Kepri mendapat dukungan dari lum sekolah tersebut berdiri sendiri, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

”Kita ingin tahun ini dibuka. Pak Menteri juga menyarankan demikian,” kata Nurdin.
Soal lokasi, saat ini di Bintan memang sudah tersedia lahannya. Namun, banyak hal yang harus dipersiapkan.

Namun, sebelum membuka sekolah itu, Menteri menyarankan agar dibuka dulu program studi yang terkait dengan pelayaran.

Perbincangan dengan Menhub yang dilakukan pekan lalu, semakin mendorong Nurdin untuk mempercepat dibukanya sekolah pelayaran.

Baca Juga :  Tabrakan, Dua Korban Tewas

”Pak Menteri menyarankan kita untuk membuka dulu program studi nautika di perguruan tinggi negeri yang ada di Kepri,” kata Nurdin sesaat sebelum terbang ke Pulau Nipah mendampingi Panglima TNI melakukan peninjauan.

Gubernur mengatakan sudah memerintah stafnya untuk mengkaji kemungkinan itu. Termasuk pilihan perguruan tinggi negeri untuk pembukaan prodi nautika.

Saat ini di Kepri dua perguruan tinggi negeri yang memungkinkan untuk itu adalah Universitas Maritim Raja Ali Haji dan Politeknik Batam.

Bagi Nurdin, SDM Kepri harus mampu mengisi kegiatan ekonomi di bidang kelautan. Pemanfaatan 12 mil ruang laut, kata Nurdin, harus benar-benar memberi peluang kepada sumber daya manusia lokal.

Baca Juga :  Batam-Johor Kerja Sama Promosi Pariwisata

Apalagi kini ada dorongan pusat agar Kepri berperan besar dan aktif pada pengelolaan labuh jangkar. Kata Nurdin, Kepri harus menunjukkan mampu mengelola dan menghasilkan SDM yang handal bidang kemaritiman.

Sebagai mantan nakhoda, Nurdin paham betul pentingnya SDM Kepri dibekali pendidikan formal di sektor ini.

Walaupun dia paham bahwa pengalaman lapangan, dengan mengarungi laut Kepri, kemahiran akan semakin terasah.

Sektor kemaritiman, diyakini akan memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi yang cukup signifikan.

Keseriusan Gubernur H Nurdin Basirun menggarap sektor kelautan tidak hanya pada potensinya saja. Penyiapan sumber daya manusia juga menjadi prioritas utama. Salah satunya dengan upaya mendirikan sekolah kemaritiman. (mas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here