Menhub Optimis Batam Logistik Hub

0
558
Wawancara: Pejabat BP Batam Purnomo Andi Antono mewawancarai Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. f-humas/bp batam

BATAM – Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi optimis Batam bisa jadi salah satu logistic hub (transhipment) di pasar Asia Tenggara.

BP Batam didorong untuk melakukan akselerasi infrastruktur-infratruktur utama seperti Pelabuhan Batu Ampar dan Bandara Hang Nadim.

”Batam bagus, ya nanti kita lihat, kita kompetisikan daerah-daerah ini supaya mereka punya kompetensi, punya sarana-sarana yang baik,” ungkap Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi saat menghadiri International Convention Expo BSD City, Jakarta, minggu lalu.

Katanya, kawasan ASEAN telah menjanjikan peluang bisnis yang sangat besar, terutama dalam jasa logistik. Batam sebagai salah satu kawasan strategis diharapkan melalui BP Batam dapat meningkatkan daya saing logistik Indonesia di tingkat global.

”Batam sebagai kawasan ekonomi khusus harus mengacu pada business friendly orientation. Sehingga Batam dapat menawarkan solusi agar logistik di Tanah Air khususnya Batam lebih efisien,” harap Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita.

Menurutnya, Batam harus bisa menjadi kawasan ekonomi khusus yang kita harapkan. Peranannya harus bisnis friendly kepada dunia usaha dan tidak boleh ada jarak. Pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui Batam itu tidak boleh turun lagi.

”Jadi kita titip betul kepada seluruh jajaran BP Batam ini bisa lebih meningkatkan lagi kinerjanya. Kita harus lebih bersifat melayani karena dengan demikian, kita bisa berkompetisi dengan negara-negara tetangga yang lain. Kita membutuhkan Batam jadi diujung tombak,” ungkapnya.

Sementara, Direktur Humas dan Promosi BP Batam, Purnomo Andi Antono mereka terus menjaga relevansi dengan pembangunan nasional dan perekonomian dunia yang dinamis.

BP Batam mengambil langkah inisiatif untuk terus berupaya mengembangkan infrastruktur dan fasilitas Batam sebagai Logistik Hub.

”Letak Batam yang strategis di kawasan asia yang berdekatan dengan Singapura dan Malaysia menjadikan BP Batam untuk dapat memanfaatkan potensi tersebut guna menjadi bagian dari salah satu pusat Logistik Hub (industri logistik),” kata Andi.

Pada kesempatan itu, BP Batam mengikuti pameran Central Material Handling and Automotion (CeMAT) Southeast ASIA 2017 di Tangerang, Banten.

BP Batam mengikuti pameran ini untuk promosi Batam sebagai kawasan pengembangan industri logistik dan alih kapal. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here