Menjaga Kebersihan Laut Itu Menguntungkan

0
613
Eka Meliyanti

Oleh: Eka Meliyanti
Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, FISIP UMRAH

Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia, tidak kurang dari 13.466 pulau sebagai negara kepulauan, Indonesia dikelilingi oleh wilayah lautan yang terbentang luas dibandingkan wilayah darat.Termasuk kepri sendiri yang terbentang dari 96 persen daratan dan 4 persen lautan. Maka dari itu Indonesia dijuluki sebagai negara maritime dengan selogan pemersatu, Bhinneka Tunggal Ika. Laut adalah halaman dan garis terdepan negeri dengan suku-bangsa dan bahasa paling beragam di dunia. Letak geografis Indonesia yang strategis, dimana gugus kepulauannya terbentang di sepanjang garis khatulistiwa yang menghubungkan benua Asia dan Australia serta dua samudera, yaitu samudera Hindia dan Pasifik. Laut adalah salah satu daerah terbanyak di bumi. laut adalah habitat bagi ikan serta terumbu karang. Ikan adalah salah satu sumber protein bagi manusia.

Selain terumbu karang menyimpan keindahan serta tempat timbuh bagi rumput laut. Rumput laut adalah salah satu jenis tumbuhan yang memilki berbagai macam manfaat bagi manusia. Selain itu laut berfungsi sebagai pengatur suhu di bumi. Laut memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia, pertama laut mampu menyerap karbondioksida dari hasil pembakaran 30-50%. Kedua menjadi sumber kehidupan nelayan dan sumber bahan makanan sehat, laut merupakan penyedia sumber protein terbesar di dunia dan bahan pangan lainnya seperti rumput laut, kerang, ikan dan ekosistem lainnyan yang bisa dimafaatkan sebagai bahan makanan yang kaya akan nutrisi. Ketiga sebagai pengendali iklim di dunia, laut sebagai penghantar suhu panas daerah khatulistiwa menuju wilayah yang lebih dingin yakni wilayah kutub, sehingga pada daerah khatulistiwa tidak terlalu panas. Keempat sebagai sumber mineral, laut adalah penyedia atau sumber mineral terbesar di dunia, tubuh manusia membutuhkan yodium yang dapat kita ambil dari laut yakni garam hasil laut.

Kelima sumber pembangkit listrik secara alami laut mengalami pergerakan air laut yang kita ketahui yaitu ombak maupun pergerakan pasang surut air laut yang dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik dengan alat tertentu yang dapat diciptakan. Kemudian yang terakhir adalah sumber pendapatan negara yang sangat besar di sektor pariwisata. Laut mampu membawa udara panas dari khatulistiwa menuju kutup. Begitu juga sebaliknya.Sehingga suhu udara di bumi seimbang. Tidak ada daerah yang terlalu panas dan daerah yang terlalu dingin. Hanya saja, akibat ulah manusia, alam laut mulai mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut akibat manusia yang membuang limbah sembarangan ke laut.

Selain itu tumpahan minyak ke laut akibat kegiatan pengeboran minyak lepas pantai, juga merusak alam di laut. Nelayan dengan memakai pukat harimau dan bom menyebabkan keseimbangan ekosistem di laut menjadi terancam. Keseimbangan ekosistem penting untuk dijaga. Karena ekosistem yang seimbang sama saja dengan melesarikan alam.Keanekaragaman hayati dan ekosistem laut yang ada di Indonesia ini menjadi suatu hal yang rentan dan rapuh kelestariannya disebabkan oleh beberapa factor seperti sampah plastic.

Laut merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa yang menyimpan banyak potensi-potensi dan manfaat yang dapat digunakan oleh manusia, untuk itu kita sebagai manusia yang meiliki akal dan budi pekerti harus dapat menjaga dan melestarikannya. Melestarikan alam laut, berarti telah melestarikan setengah ekosistem di bumi. karena laut mewakili separuh dari seluruh daerah bumi. separuh bagian dari bumi lainnya adalah daratan. Dan daratan mewakili lingkungan tempat manusia tinggal. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here