Menkeu Minta Bupati Tingkatkan Pengelolaan Keuangan

0
706
TERIMA PENGHARGAAN: Bupati Bintan H Apri Sujadi menerima penghargaan WTP secara nasional dari Menkeu Sri Mulyani, di Istana Negara RI, Jakarta, Kamis (14/9) kemarin. F-ISTIMEWA/kominfo bintan

JAKARTA – Menteri Keuangan RI Sri Mulyani memberikan aplaus kepada Pemkab Bintan, yang mampu meraih penghargaan WTP secara nasional, 6 kali secara berturut. Namun, Menkeu tetap meminta agar Bupati Bintan H Apri Sujadi terus meningkatkan pengelolaan keuangan daerah.

Apresiasi itu diberikan Menkeu RI Sri Mulyani di sela penyerahan penghargaan WTP nasional, disejalankan dengan Rakernas akuntansi dan pelaporan keuangan pemerintah tahun 2017, di Istana Negara Republik Indonesia, Kamis (14/9) pagi kemarin. Rakernas tahunan ini diikuti sejumlah menteri, pimpinan lembaga, sekretaris jenderal, sekretaris utama, inspektur jenderal, Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP), gubernur, bupati, serta Wali kota se-Indonesia.

Baca Juga :  Dinsos Prioritaskan Tambelan sebagai Penerima RTLH

Menkeu RI Sri Mulyani memberikan apresiasi terhadap daerah yang telah berhasil meraih penghargaan WTP nasional ini. Terutama, daerah yang telah meraih lebih dari 5 kali, seperti Pemkab Bintan. ”Ini suatu prestasi yang luar biasa. Dan, bupati dan wali kota harus terus meningkatkan dalam pengelolaan keuangan daerah, agar tujuan pembangunan antara pusat dan daerah bisa bersinergi,” ujar Sri Mulyani.

Bupati Bintan H Apri Sujadi mengatakan, penghargaan ini merupakan satu prestasi tersendiri, saat dirinya menerima undangan atas penghargaan tersebut, usai mengikuti seminar nasional problematika pengelolaan keuangan daerah dan desa, di Jatinangor, Jabar.

Baca Juga :  Ratusan Nelayan Bintan Dapat BBM Murah

”Prestasi ini karena kerja keras seluruh stakeholder dan OPD terkait. Kita bersyukur, Pemkab Bintan kembali berhasil mendapatkan predikat WTP dari Kementerian Keuangan RI. Prestasi ini sudah yang ke-6 kalinya, secara berturut,” ujar bupati.

Tidak hanya WTP secara nasional, Pemkab Bintan juga berhasil meraih penghargaan transparansi keuangan daerah, tingkat regional Sumatera dari Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, belum lama ini. ”Penghargaan ini diterima oleh Wakil Bupati Bintan, Pak H Dalmasri Syam,” ungkap H Apri Sujadi.

Kepala BPKAD Kabupaten Bintan Mohd Setioso mengatakan, Pemkab Bintan terus berusaha untuk menyusun dan menyajikan laporan keuangan daerah, yang sesuai dengan standar akuntasi pemerintahan, efektivitas sistem pengendalian, serta sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Baca Juga :  Mau Jabatan, ASN Perempuan Harus Bersaing

”Insya Allah, prestasi ini akan terus kita pertahankan, serta ditingkatkan. Upaya itu tidak mudah. Tapi lewat kerja keras semua OPD, tentunya hal ini menjadi energi tersendiri,” tambah Setioso. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here