Menlu Gandeng Kampus Bentuk PSA

0
492
PENYERAHAN CENDERAMATA: Rektor UMRAH Prof Syafsir Aklus MSc saat memberikan buku kepada Sekretaris Direktoral Jenderal Kerja Sama PSA Kemenlu, Ashariyadi. f-ISTIMEWA

TANJUNGPINANG – REKTOR Umrah Profesor DR Syafsir Akhlus MSc bersama Ketua Stisipol Tanjungpinang Endri Sanofaka, sama-sama melakukan kerjasama penandatanganan Memorandum of Understading (MoU) dengan Sekretaris Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI, Ashariyadi di Kampus UMRAH, Pulau Dompak, Kamis (15/6) kemarin.

”MoU ini secara nasional, pusat studi ASEAN disingkar PSA ini dilakukan perguruan tinggi se Indonesia. Umrah dan Stisipol masuk urutan nomor 35 dan 36,” ujar Profesor Syafsir Akhlus kepada Tanjungpinang Pos, Jumat (16/6). Ini adalah kerja sama dalam pusat studi yang diadakan Kemenlu RI di daerah dalam kaitan dengan ASEAN. Kerjasama ini, lebih menekankan terhadap bidang pendidikan, penelitian atau pengkajian ilmiah dan pengabdian kepada masyarakat.

”Kegiatannya berkaitan dengan sosialisasi dan advokasi guna meningkatkan daya saing daerah dalam menghadapi masyarakat ASEAN,” jelas Akhlus. Sementara, Sekretaris Direktorat Jenderal Kerja Sama ASEAN Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI, Ashariyadi menuturkan, ada 36 perguruan tinggi yang bergabung dalam pusat studi ASEAN tersebut, termasuk UMRAH dan Stisipol Tanjungpinang. Pusat-pusat studi dari berbagai perguruan tinggi ini akan dikumpulkan oleh Kemenlu di Jakarta dan dipertemukan dengan 92 lembaga lain yang masih berkaitan dengan masalah ASEAN sebelum kerja sama dilakukan.

”Nanti setiap pusat studi dari masing masing perguruan tinggi akan melakukan kajian terhadap berbagai masalah. Misalnya terkait pertahanan dan keamanan, ekonomi, sosial budaya dan sebagainya,” ucap Ashariyadi. MoU ini dipandang penting diterapkan di Provinsi Kepri, karena dua perguruan tinggi di Kepri ini, berada paling terdepan dari Negara Kesatuan Republik Indoensia (NKRI). Potensi Kepri sebagai daerah maritim juga perlu dikembangkan. Diharapkan bisa menjadi bahan studi dan kajian yang berguna bagi masyarakat.(SUHARDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here