Menristek Beri Beasiswa Daerah Terluar

0
379
Wan Zuhendra

Warga Anambas Bebas Pilih Kuliah di Perguruan Tinggi Ternama

Sebanyak 49 lulusan terbaik tingkat SLTA se Kabupaten Kepulauan Anambas, mengikuti tes seleksi beasiswa Afirmasi daerah Terdepan Terluar dan Tertinggal (3T).

ANAMBAS – Dari seluruh peserta, nantinya akan diambil maksimal 16 peserta yang terbaik dan sisanya dipastikan gugur. Peserta yang terpilih, bebas untuk memilih tempat belajar di sejumlah universitas ternama di Indonesia.

Fasilitas yang didapatkan bagi siswa yang lulus tes yakni berupa uang kuliah yang dibiayai oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti). Biaya hidup Rp 1 juta per bulan, dan biaya transportasi pertama saat menuju universitas yang dituju.

”Berangkat menggunakan uang pribadi, tetapi setelah tiba di sekolah yang dituju nantinya akan diganti,” ungkap Andi Agrial, Kepala Dinas pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kepulauan Anambas melalui staffnya Saharuddin, kemarin.

Tes seleksi dilaksanakan di lantai dua Gedung Sekolah Madrasah Aliah (MA) Fatahillah di Tarempa, Selasa (17/4). Dari 49 peserta yang ikut tes tersebut, berasal dari sejumlah sekolah di Anambas seperti SMAN 1 Palmatak sebanyak 8 siswa, SMAN 1 Siantan sebanyak 9 siswa, SMAN 1 Siantan Timur sebanyak 5 siswa.

Kemudian, SMAN 1 Jemaja sebanyak 7 siswa, SMKN 1 Anambas 5 siswa, MA Fatahillah 4 siswa, SMKN 2 sebanyak 3 siswa, SMKN 3 sebanyak 3 siswa, SMAN 2 Palmatak sebanyak 3 siswa, SMA DKP DKI Jakarta satu siswa dan SMA N 5 Tanjungpinang 1 siswa.

Andi juga menjelaskan, ada pun persyaratan tes tersebut yakni anak SMA asal Anambas atau boleh dari luar daerah Anambas. Hal itu harus diperkuat dengan status orangtua peserta, yang benar-benar berasal dari Anambas dengan dibuktikan dengan dokumen resmi seperti TKP, KK dan sebagainya. ”Ada dua siswa luar Anambas tapi orang tua mereka berasal dari Anambas,” jelasnya.

”Mengenai hasil tes, kata Saharuddin, akan keluar sekitar satu bulan mendatang. Biasanya, satu bulan berikutnya, pengumuman keluar,” jelasnya.

Para peserta tes seleksi mendapatkan dukungan dari Wakil Bupati Kepulauan Anambas Wan Zuhendra. Wan Zuhendra berharap untuk seleksi di Anambas bisa menjadi yang terbaik dan mencukupi kuota yang ditentukan. ”Jika ada dari daerah lain yang tidak mencukupi, bisa diambil dari Anambas,” ungkapnya, usai membuka lembar soal dan lembar jawaban kemarin.

Wan Zuhendra mengatakan, ia menumpukkan harapan kepada peserta untuk menjadi yang terbaik karena mereka merupakan generasi terbaik daerah yang menjadi calon pemimpin Anambas ke depan. ”Jangan merasa terbebani, cukup tenang dan berdoa,” ungkapnya. Warga Anambas pun berterimakasih kepada pemerintah karena diadakannya beasiswa ini.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here