Mental Ditempa, Omzet Meningkat

0
257
MAHASISWI STTI Tanjungpinang ketika melayani pembeli di stannya pada Bazar Mahasiswa STTI Tanjungpinang Jalan Pompa Air, baru-baru ini. f-rahmat/tanjungpinang pos

Mahasiswa STTI Sukses Berdagang

Selain mendapat pengalaman baru dan menempa mental berbisnis, capaian omzet keseluruhan mahasiswa-mahasiswi Sekolah Tinggi Teknologi Indonesia (STTI) yang berjualan pada kegiatan Bazar Mahasiswa mengalami peningkatan tahun 2018 ini.

TANJUNGPINANG – Bazar mahasiswa yang digelar Jumat (27/4) hingga Sabtu (28/4) lalu, telah mencapai Rp65 juta. Pada kegiatan yang sama di tahun 2017 lalu, capaian omzet mencapai Rp50 juta lebih. Dari jumlah omzet keseluruhan Rp65 juta, beberapa stan mahasiswa mampu menghasilkan omzet Rp4 juta hingga Rp5 juta.

Hal ini disampaikan ketua pelaksana Bazar Mahasiswa Aprilia, Rabu (16/5). Ia mengatakan, beberapa stan bersaing dalam hal pencapaian omzet. Namun, ia pun tak dapat menyebutkan siapa-siapa yang mencapai dan bersaing mendapatkan omzet tertinggi.

”Untuk pencapaian omzet, ada beberapa nomor stan yaitu 58, 59 serta 60. Selain itu, ada juga stan nomor 54 dan19 yang omzetnya tinggi dan masih banyak stan yang mencapai penjualan tinggi,” ujar Aprilia.

Dari pencapaian itu, lanjut Aprilia, sangat berdampak dari lokasi yang digelar. Sebab, Bazar Mahasiswa tahun ini lokasinya di depan kampus STTI Tanjungpinang yang baru di Jalan Pompa Air Km 2.

Aprilia tak menampik, jika tahun depan Bazar Mahasiswa akan menargetkan pencapaian omzet Rp100 juta. ”Namanya juga kita berusaha, sedangkan tahun 2017 saja mampu mencapai Rp50 juta. Nah, tahun ini saja naik menjadi Rp65 juta. Jadi saya rasa, tahun depan yakni 2019 kita optimis capai omzet Rp100 juta,” terangnya.

Dosen Mata Kuliah (MK) Kewirausahaan STTI Tanjungpinang Mulyadi Tan mengaku bangga dengan apa yang dicapai mahasiswa-mahasiswi-nya. Sebab, Bazar Mahasiswa yang diselenggarakan merupakan program penerapan kewirausahaan yang diajarkannya kepada mahasiswa-mahasiswi STTI sebagai bentuk praktik penilaian untuk MK Kewirausahaan.

”Saya bangga, dan semoga tahun depan omzetnya terus meningkat. Jika targetnya Rp100 juta, kita dukung dan itu harus diyakini akan tercapai,” tegas Mulyadi Tan.

Mulyadi menambahkan, penilaian pertama Bazar Mahasiswa yang digelar belum lama ini bukan soal tingginya omzet. Namun, peniliaian itu dilihat dari sisi kreatif dan inovatif yang utama. Selain itu, ia juga menilai bagaimana mahasiswa-mahasiswi menawarkan barang dagangannya sehingga pengunjung tertarik untuk mampir ke stan itu.

”Karena stannya di Jalan Pompa Air, awalnya mereka yang stannya jauh ke dalam letak posisinya mengeluh. Karena takut tidak laku, dan saya memberikan semangat kepada mereka. Hasil bisa dilihat, malah yang di depan tidak ramai dan di belakang yang ramai dan cepat habis dagangannya,” terang Mulyadi.

Menurutnya, posisi bukan menjadi jaminan utama dalam menjalankan usaha tetapi bagaimana meramunya dan menjualnya. Sebagai penyemangat lainnya, Mulyadi juga kerap mengundang tokoh-tokoh pengusaha sukses untuk berbagi pengalaman mengenai dunia usaha kepada mahasiswa-mahasiswi STTI Tanjungpinang. Salah satunya, ia mendatangkan Bobby Jayanto yang merupakan pengusaha dan Ketua KadiN Tanjungpinang untuk mengisi kuliah umum.(ADLY BARA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here