Mentan Tugaskan Karantina Survei Pulau Bakung

0
627
UJI KELAYAKAN: Tim Uji Kelayakan Pulai Bakung dari kampus UGM beberapa waktu lalu melakukan pengujian secara topografi yang menjadi syarat utama Pulau Karantina. f-istimewa

LINGGA – MENTERI Pertanian (Mentan) RI Andi Amran Sulaiman, memerintahkan Badan Karantina untuk melakukan survei ke Pulau Bakung. Selain itu, ia mengapresiasi langkah cepat Bupati Lingga Alias Wello yang menawarkan Pulau Bakung untuk dijadikan karantina sapi. MENTERI Pertanian (Mentan) RI Andi Amran Sulaiman, memerintahkan Badan Karantina untuk melakukan survei ke Pulau Bakung.

Selain itu, ia mengapresiasi langkah cepat Bupati Lingga Alias Wello yang menawarkan Pulau Bakung untuk dijadikan karantina sapi. Pulau yang berada di wilayah Desa Pasir Pajang, Kecamatan Senayang itu sebelumnya telah dilakukan penelitian oleh akademisi Universitas Gajah Mada (UGM). Upaya ini dilakukan, setelah Pulau Naduk di Kabupaten Bangka Belitung yang diusulkan lebih dulu ditolak karena tidak memenuhi persyaratan.”Pada prinsipnya pak Menteri senang, jika kepala daerah itu responsif terhadap kebutuhan rakyat dan daerahnya. Soal Pulau Karantina yang ditawarkan Bupati Lingga itu, pak menteri apresiasi dan sudah menugaskan Badan Karantina untuk melakukan survei dan kajian,” ungkap Andi Irwan Baharuddin, Staf Khusus Menteri Pertanian, Jumat (11/8).

Baca Juga :  APDB Kecil, Daya Serap Anggaran Rendah

Menurut Irwan, sejak Pulau Naduk dibatalkan, baru Kabupaten Lingga yang menawarkan salah satu pulaunya untuk dijadikan sebagai Pulau Karantina. Hal tersebut, sudah ditetapkan dalam Undang-undang Nomor. 41 Tahun 2014 tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan. ”Pak menteri sudah memberi arahan, agar Badan Karantina segera turun ke lapangan dan melaporkan hasilnya. Kita tidak ingin kejadian seperti Pulau Naduk itu terulang lagi. Paling tidak, Pulau Karantina itu memiliki topografi yang datar, bebas dari banjir rob dan aman dari predator,” katanya.

Baca Juga :  Empat Atlet Lingga Wakili Kepri di Gorontalo

Sekretaris Badan Karantina Pertanian Kementan RI Sujarwanto, dalam pertemuannya dengan Bupati Lingga Alias Wello pada Rabu (9/8) lalu mengakui sudah menerima proposal usulan Pulau Bakung sebagai Pulau Karantina.”Usulan pak Bupati ini sangat membantu kami. Apalagi, sudah dilengkapi dengan data dan dokumen kajian awal yang melibatkan Fakultas Peternakan dari UGM.(TENGKU IRWANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here