Menteri Acungi Jempol buat Apri Sujadi

0
345
BUPATI Bintan H Apri Sujadi menerima penghargaan Manggala Karya Kencana dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Puan Maharani, di Manado, Jumat (6/7) malam lalu. f-istimewa/kominfo

Hj Deby Maryanti Raih Lencana Manggala Karya Kencana 2018

BINTAN – MENTERI Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Puan Maharani memberikan acungan jempol, kepada Bupati Bintan H Apri Sujadi, atas programnya dalam memberikan pelayanan kesehatan. Bupati Bintan H Apri Sujadi diberikan penghargaan lencana Manggala Karya Kencana 2018.

Anugerah ini langsung diserahkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Puan Maharani, kepada Bupati Bintan H Apri Sujadi di malam puncak peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-XXV di kediaman Gubernur Sulawesi Utara, Kota Manado, Jumat (6/7) malam lalu. Lencana ini merupakan penghargaan individu yang diberikan berdasarkan prestasi di bidang kesehatan.

Bupati Bintan H Apri Sujadi meraih rangking ke-7 dari jumlah bupati/wali kota se-Indonesia. BKKBN pusat menilai, beberapa program yang menjadi nilai plus bagi Bupati Bintan H Apri Sujadi, antara lain konsentrasi dan perhatiannya di bidang kesehatan. Dalam kurun waktu setahun, H Apri Sujadi telah membentuk 11 kampung KB tingkat kabupaten dan tingkat kecamatan.

Kemudian, H Apri Sujadi menjalankan program kesehatan gratis bagi masyarakat, menerapkan pelayanan KB gratis, menerapkan pelayanan konsultasi keluarga gratis serta membangun Balai Penyuluh KB. Program berobat gratis cukup dengan menunjukkan KTP Bintan tersebut, telah dirasakan oleh 51.264 masyarakat Bintan, selama tahun 2017.

Dari data BKKBN pusat, jumlah angka kesuburan dan melahirkan anak untuk di Kabupaten Bintan berada diangka 2,3, di bawah rata-rata nasional yaitu 2,8. Jumlah angka peserta kontrasepsi modern di Kabupaten Bintan juga berada diangka 82,7 persen, berada di atas angka rata-rata nasional yaitu diangka 78,9 persen. Sedangkan angka kelahiran menurut umur, memiliki persentasi 0,01 persen, jauh di bawah rata-rata nasional 1,3 persen dan rata-rata provinsi berkisar 0,9 persen..

”Pembangunan di bidang kesehatan tetap menjadi prioritas kita,” kata H Apri Sujadi, kemarin.

Deby Terima Lencana
Selain bupati, Ketua PKK Bintan Hj Deby Maryanti Apri juga meraih lencana Manggala Karya Kencana 2018, dari BKKBN pusat, pada waktu yang sama. Penghargaan juga diserahkan oleh Menteri Puan Maharani. Hj Deby Maryanti menerima penghargaan ini, karena telah menggagas program pemeriksaan IVA dan kanker payudara gratis bagi kaum ibu, setiap hari Kamis di Puskesmas se-Kabupaten Bintan.

Upaya yang dilakukan Hj Deby Maryanti ini sangat membantu mengurangi penyebaran kanker serviks dan kanker payudara, bagi kaum wanita. Khususnya di kalangan ibu rumah tangga, di Kabupaten Bintan. Hj Deby Maryanti juga mendapatkan ranking ke-7 se-Indonesia, dari seluruh TP PKK kabupaten/kota/provinsi yang ada di Indonesia.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Bintan, pada tahun 2017 yang lalu, melalui program pemeriksaan IVA dan kanker payudara gratis, telah menscrening lebih dari 1.989 pasien wanita. Dengan catatan terdeteksi 9 orang pasien lesi prakanker serviks, dan 1 orang positif menderita kanker serviks.

”Saya berterima kasih atas dukungan semua pihak, dalam menjalankan program ini,” kata Hj Deby Maryanti singkat. (YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here