Menteri Besar Sarawak Belajar ke Bintan

0
140
MENTERI Besar Sarawak Malaysia, Datuk Patinggi AR Zohari (berjas dan kemeja biru) saat tiba di Bandara RHF Tanjungpinang, pekan lalu. f-istimewa

BINTAN – Datuk Patinggi AR Zohari Menteri Besar (Chief Minister) Negara Bagian Sawarak, Malaysia yang berkedudukan di Kuching tak segan untuk belajar ke Bintan. Terutama, mengenai cara menggaet turis dan investor Tiongkok, yang selama ini tertarik di Kabupaten Bintan, Kepri.

Malaysia ingin mempelajari cara yang digunakan Bintan untuk menggaet pelancong eksTiongkok. Untuk memberikan dampak ekonomi daerah secara multiplier effect. Apalagi, disertai dengan masuknya investor asal Tiongkok di bidang pariwisata. Sarawak, Malaysia juga menginginkan negaranya ramai dikunjungi turis dari Tiongkok.

Dalam kunjungan Datuk Patinggi AR Zohari ini turut ikut Kepala Sarawak Economic Development Corporation Tan Sri Datuk Amar (DR), dan sejumlah pejabat teras Negara Bagian Sarawak. Mereka terbang langsung dari Kuching, Malaysia Timur ke Bintan melalui Bandara Raja Haji Fisabilillah, Jumat (30/11) pagi lalu.

Sekretaris Dinas Pariwisata Kabupaten Bintan Hasan menyampaikan, rombongan dari pejabat Sarawak ini mengunjungi sejumlah tempat di Bintan. Antara lain ke resort, sea sport centre, spa, restoran, toko, mangrove tour, museum Bahari, tambak udang di Bintan Agro Resort dan lain-lain.

”Selama ini, daerah Bintan yang dikunjungi rombongan dari Sarawak, Malaysia ini menjadi objek kunjungan wisata turis Tiongkok,” kata Hasan, kemarin.

Dari hasil kunjungan tersebut, Kuching, Sarawak memiliki sumber wisata yang hampir sama dengan Kepri. Seperti, sungai, mangrove, pantai, kuliner, kerajinan tangan, tarian kesenian daerah (Melayu, Dayak, Peranakan). Potensi itu, ingin dikembangkan seperti yang sudah dilakukan di Bintan.

”Studi banding dari rombongan Malaysia Timur ini ke Kepri, khususnya Bintan ini, bukanlah untuk berinvestasi ke Kepri. Tapi belajar mengenai kesuksesan Bintan dan Kepri di bisnis pariwisata. Bahkan, tidak menutup kemungkinan mengajak investor Tiongkok yang telah berusaha di Kepri tersebut ke Sarawak,” terang Hasan lagi.

Caranya, dengan menawarkan berbagai macam kemudahan, dan fasilitas-fasilitas yang lebih dibandingkan di Kepri, dan Bintan. Fakta itu menunjukkan, bahwa Kunjungan Menteri Besar Sarawak, Malaysia ke Bintan memicu persaingan bisnis pariwisata antarnegara tetangga.

Setelah melakukan studi banding dan ramah-tamah dengan Mr George Chen dari Link Hotel Singapura yang juga pengembang Cabana Resort di Km 46 Jalan Pantai Trikora Bintan, dan Mr Lian Zhiyi, investor Onbase Group, rombongan kembali ke Kuching, Sarawak, Malaysia, Sabtu (2/12) siang lalu.

”Kita bangga dengan pariwisata di Bintan,” sebut Hasan. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here