Menteri Susi Jaga Kebersihan Laut

0
428

Menjaga Natuna Sebagai Beranda Terdepan Indonesia

Pemerintah memberi perhatian besar ke Natuna. Selain sebagai daerah perbatasan dan beranda Indonesia, Natuna juga menyimpan kekayaan yang berlimpah-limpah.

NATUNA – LINTAS kementerian di Kepri berbagi tugas untuk membangun Natuna. Untuk Kementerian Kelautan, tegas ditugasi membangun Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Sentra Kelautan dan Perikanan Terpadu (SKPT).

SKPT inilah yang dirancang menjadi pasar ikan terbesar di Asia Tenggara. Kapal-kapal dari berbagai negara akan datang ke sana untuk membeli ikan dan rencananya diresmikan tahun ini.

Untuk menjaga tempat ini agar tetap bersih sehingga tidak merusak ekosistem laut, maka khusus di SKPT yang dibangun di Selat Lampa Natuna itu akan disiapkan tiga truk sampah.

Baca Juga :  Reni Kader Terbaik Hanura Pindah Dapil

Sehingga tidak ada alasan lagi tempat itu kotor nantinya. Sampah-sampah yang ada harus segera diangkut sehingga selalu bersih.

Ini merupakan kendaraan operasional seperti mobil pengangkut sampah dan tossa yang berada di SKPT. Informasinya, kendaraan itu akan diserahkan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pujiastuti kepada pengelola TPI.

Penyerahan kendaraan itu bertujuan agar pencanangan laut sebagai beranda rumah tetap terjaga. ”Jadikan laut sebagai beranda depan rumah kita bisa terealisasi dengan baik,” itulah omongan Susi saat di Natuna.

”Kabarnya kendaraan ini untuk bantuan angkut sampah sesuai dengan keinginan menteri Susi Pujiastuti yang menjadikan laut beranda depan rumah kita,” kata seorang petugas yang tidak ingin disebutkan namanya sedang berada di Tempat Pelelangan Ikan Selat Lampa, Senin (13/8).

Baca Juga :  Kemenag Target Zakat Fitrah Rp 90 Miliar

Saat ditanya kendaraan tersebut kapan akan diserahkan, ia mengatakan bahwa rencananya pada tanggal 18 Agustus nanti. Sekaligus acara penenggelaman kapal.

”Infonya setelah acara penenggelaman kapal ibu menteri baru akan menyerahkan kendaraan oprasional itu,” ujarnya lagi.

Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Natuna, Hadi Suryanto menyampaikan update terakhir perihal kedatangan Menteri Susi ke Natuna kepada koran ini. Ia membenarkan adanya rencana kedatangan itu.

”Ya betul, bu menteri rencananya akan datang tanggal 18 Agustus nanti. Tapi beberapa waktu saya dapat kabar dari protokolernya bahwa kedatangan itu ditunda. Belum dijelaskan ditunda sampai kapan,” kata Pria yang akrab disapa Jojo itu di kantornya melalui telepon.

Baca Juga :  Kontrol Pelaksanaan Program, Tim Wasrik Datangi Makorem

Mengenai bantuan kendaraan, Jojo juga mengaku tidak mengetahuinya karena itu menyangkut SKPT. ”Saya belum tahu dengan kabar bantuan kendaraan itu. Tapi info kedatangan bu Menteri tetap kami update,” ujarnya.

Berdasarkan pantauan koran ini di lapangan, kendaraan oprasional pengangkut sampah itu sudah berada di pelabuhan SKPT Selat Lampa. Kendaraan itu berjumlah 3 unit diantaranya 2 mobil angkut sampah dan 1 kendaraan tossa.(HARDIANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here