Menyulap Kulit Telur Menjadi Lukisan Mozaik

0
2732
Mayrika Yanti, S.Pd

Oleh: Mayrika Yanti, S.Pd
Guru Seni Budaya SMP Negeri 2 Siantan

Cangkang telur Ayam, biasanya hanya dibuang begitu saja, setelah isinya dijadikan makanan seperti telor ceplok, atau bahan membuat kue. Siapa sangka kalau diolah, cangkang telur bisa menjadi bahan baku lukisan bernilai tinggi. Kulit telur adalah limbah domestik yang tak dimanfaatkan lagi. Konsumsi telur semakin hari semakin meningkat seiring dengan perkembangan kebutuhan protein. Tentu saja limbah dari kulit telur ini akan semakin banyak pula.

Sebagai guru pengajar bidang studi seni, saya memanfaatkan limbah kulit telur untuk dijadikan sebagai karya seni pada siawa SMP kelas IX. Pecahan kulit telur dapat diubah menjadi sebuah karya seni yang unik dan artistik. Pecahan kulit telur yang dirangkai sedemikian rupa, disesuaikan dengan warna asli kulit telur akan menjadi tampilan yang menggoda mata. Hasilnya akan semakin cantik jika sedikit polesan warna, maka jadilah karya seni yang luar biasa.

Baca Juga :  Kapsul Waktu Pesantren Kilat

Untuk mendapatkan kulit telur bukanlah yang sulit. Selain banyak ditemukan di tong sampah setiap rumah tangga, di dapur rumah makan juga numpuk. Saat saja minta semua siswa kelas IX membawa kulit telur yang sudah bersih dan sudah tidak ada isinya, jumlah yang terkumpul sangat banyak dan di luar perkiraan. Selain mengumpulkan kulit telur atau cangkang telur, para siswa juga dibawa alat lainya seperti lem, cat air. Ada juga gambar yang dipersiapkan oleh siswa SMP kelas IX.

Baca Juga :  Niat Baik dan Pemerintah, Tak Cukup?

Pada kegiatan ini siswa kelas IX belajar membuat lukisan mozaik secara sendiri-sendiri. Anak-anak dibebaskan oleh guru, apakah kulit telurnya mau dengan bentuk besar-besar atau kecil. Ukurannya tak terlalu bermasalah, tergantung kreativitas dari masing-masing siswa begitu juga dengan gambar yang menjadi objek lukisan tersebut.

Guru memberikan waktu kepada siswa selama 1 jam untuk menyelesaikan tugasnya. Siswa harus sabar dalam menempelkan kulit telur secara satu persatu dan teliti serta memperhatikan keindahan dari karya yang mereka buat. Hasilnya luar biasa. ***

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here