Meriahkan Festival Pulau Penyengat!

0
1739
Pulau penyengat: Gambar Pulau Penyengat difoto dari udara. Pulau bersejarah yang juga dikenal sebagai pulau maskawin ini kini menjadi destinasi wisata nasional.f-adly bara hanani / tanjungpinang pos

Untuk mendongkrak budaya lokal dan menarik para wisatawan mancanegara, Dinas Pariwisata Pemrov Kepri akan menggelar Festival Penyengat Syawal Serantau. Ada 10 event yang digelar mulai pada 22 – 23 Juli ini. Panpel menargetkan ada 100 wisawatan mancanegara datang ke Penyengat.

DOMPAK – Rabu (5/7) di Kantor Dinas Pariwisata Kepri, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kepri, H Buralimar memimpin rapat persiapan digelarnya Festival Penyengat bersama utusan Bank Indonesia Perwakilan Kepri, Dinas Pariwisata Kota Tanjungpinang dan dinas terkait. Lomba yang digelar di Festival Penyengat Syawal Serantau nanti, mulai business matching, halal tour Penyengat, wisata religius Melayu.

Baca Juga :  Telat Bayar PBB Didenda 2 Persen

Kemudian lomba fotografi on the spot, short video kategori lomba bentuk vlog, dokumentasi, film pendek bebas tema tentang Pulau Penyengat. Ada jenis lomba tour pattern kategori lomba ini terbuka untuk umum, badan usaha maupun non badan usaha.  Ada lomba kompang, lomba malay fashion carnaval, parade malay fashion, bazar food and beverage Melayu, haul akbar Syawal Serantau,

”Festival Penyengat kita harapkan bisa mendongkrak budaya-budaya loka dan menarik para wisatawan mancanegara,” kata Buralimar. Kata dia, agar festival ini meriah oleh turis mancangera, panitia sudah bekerjasa dengan travel melakukan sosialisasi ke luar negeri.

Baca Juga :  BMKG Prediksi Cuaca Ekstrim Seminggu Ini

”Di Pulau Senoa (Natuna) pun saat ini sedang simultan di siapkan festival dengan mengangkat budaya lokalnya,” ucap Buralimar. Rangkaian Festival Penyengat Tanjungpinang ini, rencana pihak Dispar Kepri menargetkan ada seratusan wisatawan mancanegara asal Singapura, Thailand, Malaysia dan negara tetangga lainnya datang ke Penyengat saat acara digelar. Bahkan tidak hanya wisman asal luar negeri, perwakilan dari Kementerian Pariwisata RI juga turut hadir. Rencananya yang akan membuka rangkaian festival Penyengat adalah Menteri Pariwisata RI.

”Kalau Pak Menteri Pariwisata berhalangan kita minta pejabat Eselon I di Kemenpar membuka acara tersebut didampingi Gubernur,” tegasnya. ”Pak Gubernur sangat responsif dengan rangkaian kegiatan lokal seperti ini,” timpalnya.(SUHARDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here