Meriahnya Panjat Pinang Perempuan

0
85
Salah satu peserta panjat pinang perempuan mengibarkan bendera merah putih setelah sukses sampai ke puncak. f-istimewa

TANJUNGPINANG – Kalau peserta lomba panjat pinang untuk laki-laki, itu hal biasa. Namun, kalau peserta panjat pinang adalah kaum ibu-ibu dan remaja perempuan tentu ini jarang terjadi.

Untuk memeriahkan HUT ke-73 Kemerdekaan RI, warga di RW04 Kelurahan Bukit Cermin tepatnya di seputaran Masjid Darussalam menggelar lomba panjat pinang, khusus ibu-ibu Minggu (26/8) pagi.

Panjat pinang pesertanya ibu-ibu ini berlangsung seru dan ramai ditonton warga setempat. Ini karena lomba panjat pinang ibu-ibu yang pertama kalinya digelar di Tanjungpinang. Ibu-ibu yang jad pesertanya terlihat semangat meskipun mengalami kesulitan untuk naik ke atas batang pinang. Tinggi tiang batang pinangnya mencapai 4,5 meter.

Panitianya juga menyediakan hadiah khusus. Umumnya, hadiahnya perlengkapan dapur atau rumah tangga. Ayu salah satu peserta lomba panjat pinang mengakui kesulitan memanjat pinang yang sudah dilumuri minyak makan dan minyak greas. Meskipun licin, wanita ini merasa senang bisa ikut serta dan terlibat langsung untuk memanjat pohon pinang. Ia ikut bukan tertarik dengan hadiahnya, tapi ikut serta untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI.

”Kami pingin merasakan gimana sich memanjat pinang. Karena biasanya panjat pinang biasanya untuk cowok,” ucap dia.

Penontonpun bersorak. Manakala mereka berhasil mencabut dan mengibarkan bendera merah putih yang sudah terpasang di atas batang pinang. Berbagai hadiahpun mereka ambil.

Nampak tergambar kepuasan dari wajah peserta panjat pinang tersebut. Pasalnya, kaum hawa tersebut berhasil memanjat hingga menurunkan hadiah yang digantung menggunakan tali.

Ketua RW04 Kelurahan Bukit Cermin, Hj Junaini Darka mengatakan, lomba panjat pinang salah satu menghibur warganya. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here