Merit Sistem Tingkatkan SDM ASN

0
150
KEGIATAN sosialisasi Merit System di Pemkab Natuna yang dipimpin Wakil Bupati Natuna Hj Ngesti Yuni Suprapti. f-istimewa

Pemerintah Daerah terus melakukan pembenahan bagi para Aparatur Sipil Negara (ASN), agar bisa memiliki pegawai yang handal dan berprestasi. Melalui Merit System, bisa memberikan peluang bagi para ASN yang Profesional untuk duduki jabatan strategis di lingkungan Pemkab Natuna.

NATUNA – ”Merit system adalah pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM), yang didasarkan pada prestasi (merit). Hal ini bertujuan, agar perilaku kerja pegawai dalam wujudnya sebagai prestasi yang baik atau prestasi buruk dan berpengaruh langsung pada naik atau turunnya penghasilan atau karir jabatan pegawai,” kata Wakil Bupati Natuna Hj Ngesti Yuni Suprapti, saat membuka kegiatan sosialisasi Merit System, di ruang rapat kantor Bupati Natuna Lantai II, Jumat (06/12).

Ngesti menambahkan, penilaian karya pegawai merupakan proses sistematik untuk menilai segenap perilaku kerja pegawai dalam kurun waktu kerja tertentu.

Hal ini yang akan menjadi dasar penetapan, bagi kebijakan personalia dan pengembangan pegawai.

Dengan begitu, adanya seleksi jabatan tersebut maka pimpinan OPD akan benar-benar bekerja sesuai dengan kemampuan dan berkompeten dalam menerapkan atau mengambil kebijakan pada dinas atau badan yang dipimpinannya.

”Kita akan terus berbenah, dan mulai menerapkan aturan-aturan yang berlaku bagi ASN. Diantaranya, dengan penerapan seleksi untuk jabatan-jabatan strategis seperti pimpinan OPD,” jelasnya.

Ia juga berharap, dengan hadirnya Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sekiranya dapat mendukung penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan melalui monitoring terhadap sistem kerja OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna.

”Kita ingin dengan hadirnya KASN di Natuna, salah satu bentuk sebagai dukungan bagi mewujudkan ASN yang profesional serta OPD yang produktif dalam pelaksanaan kewenangan dan tanggungjawabnya,” harapnya.

Sementara, selaku komisioner KASN Nuraida Mokhsen menjelaskan, Merit System merupakan kebijakan dan manajemen SDM Aparatur Negara yang berdasarkan kualifikasi kompetensi dan kinerja secara adil dan wajar bukan dikarenakan oleh koneksi politik.

”Sistem Merit ini, sangat berpengaruh pada karir yang ada pada pegawai yang belum mendapatkan peluang untuk mengembangkan keahliannya,” ungkap Nuraida Mokhsen.

Ia juga mengatakan, bahwa pihaknya memang berencana untuk melakukan studi penerapan sistem Merit ini.

Dimana, berdasarkan PP Nomor 11 Tahun 2017 menerangkan bahwa salah satu pelaksanaan sistem merit adalah pengisian Jabatan Pratama Tinggi (JPT) melalui seleksi terbuka.

”Jadi melalui dengan adanya pelaksanaan Penerimaan Jabatan Pratama Tinggi (PJPT) di Natuna ini, adalah salah satu peningkatan jenjang yang bisa dikuti. Agar kemampuan yang sesuai dengan bidangnya, bisa ikut berkompetisi menjadi yang kompetensi,” tandasnya.

Hadir pada pertemuan tersebut, Rombongan dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), Asisten Administrasi Umum dan Beberapa Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Natuna. (HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here