Mesin Olah Sampah Terbengkalai

0
385
TERLIHAT mesin pengelolaan sampah yang terbengkalai dan kondisinya berkarat. F-ISTIMEWA

Mesin pengelolaan sampah di lokasi Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sebayar, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna, kondisinya terlihat sangat menyedihkan dan terbengkalai.

NATUNA – Berdasarkan hasil pantauan koran ini di lapangan, mesin pengelolaan itu sudah dipenuhi debu dan berlumut. Sepertinya, mesin itu tampak lama tidak digunakan atau tidak difungsikan.

Dalam hal ini, yang disampaikan Asmiyadi Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Natuna (DLH). Asmiyadi mengatakan, bahwa mesin pengolah sampah plastik sudah pernah berfungsi akan tetapi ternyata belum maksimal.

”Seharusnya ada Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) pelaksanaan limbah plastik. agar mesin tersebut berfungsi semaksimal mungkin, dan untuk secara ril lapangan saya belum tahu karena saya baru duduk di sini,” ucap Asmiyadi, di ruang kerjanya, Rabu (28/2) siang.

Ia juga menambahkan, untuk ke depannya mesin atau alat-alat pengelolaan sampah yang sudah diadakan itu sebaiknya segera difungsikan bukan malah dibiarkan terbengkalai.

”Ketika ditanya kapan pengadaan mesin, kita sama sekali tidak mengetahui.Tapi seharusnya untuk mesin itu bisa difungsikan, dan bisa berkerja maksimal,” ucapnya.

Ia juga menambahkan, rencana Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sebayar akan dipindahkan dan tempat tersebut akan dibangun embung air bersih untuk Kota Ranai.

”Di tahun 2019 kita dapat bantuan dari pusat untuk fasilitas TPA, untuk sementara ini TPA tetap digunakan seperti bisa. Tetapi di tahun 2019 nanti, TPA akan menjadi embung air bersih. Sementara, untuk lokasi TPA yang baru kita akan koordinasi kepada Dinas Perkim untuk pembebasan lahannya,” tutupnya.(HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here