Mesin Rusak, Kapal Gagal Berangkat

0
415
RUSAK : Feri Mv bersandar di pelabuhan Tarempa karena mesinnya rusak. F-INDRA GUNAWAN/tanjungpinang pos

Berjam-jam Menunggu di Pelabuhan

ANAMBAS – RATUSAN calon kapal penumpang feri Mv Trans Nusantara yang melayani rute Tarempa-Letung-Tanjungpinang gagal berangkat karena kerusakan mesin.  Kerusakan mesin, membuat penumpang menunggu menunggu berjam-jam dan kapal tidak diperbolehkan berangkat oleh pihak Syahbandar. Kapal Mv Trans Nusantara mengalami kerusakan pada salah satu mesinnya. Satu mesin lainnya normal. ”Jika dipaksakan berangkat kapal itu masih bisa berlayar, namun waktu tiba di Tanjungpinang akan lama. Untuk itu kami larang berlayar, dari pada ada risiko yang tidak diinginkan,” tegas Darlis, selaku Pelaksana Harian Kesahbandaran Tarempa, Selasa (25/7).

Pihaknya sudah menyarankan kepada pengelola kapal agar dapat mendatangkan teknisi untuk memperbaiki kapal tersebut. Ia mengakui calon penumpang terlihat kecewa, karena kapal yang ditunggu berjam-jam tidak jadi berangkat. Namun, ia mengambil keputusan itu untuk mengutamakan keselamatan penumpang. Menurutnya, untuk tiba ke tujuan membutuhkan waktu cukup lama sekitar 10 jam perjalanan.

Dalam perjalanan itu, kapal akan mengarungi lautan lepas tanpa terlihat pulau satupun. ”Banyak faktor yang kita pertimbangkan, paling utama yakni keselamatan para penumpang pastinya,” jelasnya.

Seorang penumpang bernama Regar mengatakan, bahwa dengan kejadian ini ia sangat kecewa dan mestinya pihak pengelola sebelum kapal berangkat bisa mengecek kesiapan kapal. Karena gagal berangkat, ia menilai pengelola kapal lalai atau tidak peduli dengan armadanya. ”Sudah tahu kerjanya mengangkut penumpang setiap hari, dan seharusnya selalu memastikan armadanya dalam kondisi siap berlayar. Jangan seperti ini, dan saya sudah memesan tiket pesawat tujuan Medan dari Batam dan ini harus batal lagi,” kesal Regar.

Batalnya Mv Trans Nusantara membuat penumpang tidak mempunyai pilihan lainnya selain menunggu keberangkatan pada hari berikutnya. ”Kita tunggu sajalah jadwal keberangkatan berikutnya,” katanya.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here