Mesin Rusak, Penumpang Batal Diberangkatkan

0
352
BATAL BERANGKAT: Penumpang kapal feri Mv Trans Nusa terlihat berjalan di pelabuhan setelah batal berangkat karena kerusakan mesin. F-ISTIMEWA

ANAMBAS – KAPAL feri Mv Trans Nusa yang melayani rute Anambas-Tanjungpinang batal berangkat, karena mesin kapal mengalami kerusakan. Karena gagal berangkat, maka seluruh penumpang terpaksa diturunkan.

Sejumlah penumpang berlarian, ketika terompet kapal berbunyi menandakan siap diberangkatkan. Masing-masing penumpang mencari tempat duduk di kapal, namun setelah satu jam menunggu kapal tersebut tidak juga diberangkatkan.

Pada saat itu, penumpang pun merasa bingung dan saling bertanya ada apa. Bahkan, ada yang menyangka pihak Syahbandar belum memberi izin berlayar. Beberapa saat para awak kapal memberi info, bahwa kapal tidak bisa diberangkatkan akibat head mesin sebelah kiri bocor.

Artinya mesin tidak berfungsi dengan baik dan kapal tidak bisa beroperasi. ”Kita sudah siap berlayar menggunakan kapal itu, tapi tiba-tiba kapal gagal berangkat akibat mengalami kerusakan. Kami terpaksa turun sesuai arahan awak kapal,” ungkap Edo, salah satu penumpang, Kamis (26/10).

Sementara itu, menurut Kapten kapal fery Trans Nusa Alamsyah mengatakan, pihaknya juga tidak menduga akan mengalami kerusakan mesin. Tetapi masih beruntung, bahwa kerusakan itu diketahui sebelum berlayar.

Ia juga tidak berani mengambil risiko, dengan memaksakan kapal itu berangkat membawa penumpang. Alamsyah menjelaskan, kapal itu bisa berlayar menggunakan satu mesin lainnya. Namun, tidak berani membawa penumpang karena mesin tidak normal secara keseluruhan. Untuk itu, pihaknya meminta kepada penumpang untuk tidak berangkat dan menunda keberangkatan beberapa hari kemudian.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here