Meski Cuaca Ekstrem, Pasokan Sembako Aman

0
70
BUPATI BintanH Apri bersilaturahmi dengan tokoh masyarakat, sembari mengingatkan waspadai cuaca ekstrem. f-istimewa

Bupati Bintan H Apri Sujadi menyatakan, pasokan bahan pokok (sembako) di daerah pulau wilayah Bintan, dalam kondisi aman dan terkendali meski cuaca ekstrem. Bupati juga meminta masyarakat Kabupaten Bintan untuk mewaspadai cuaca buruk yang terjadi pada pekan belakangan ini.

BINTAN – Kondisi ini disampaikan bupati, berdasarkan cuaca yang sering berubah dalam sepekan terakhir. Curah hujan yang diiringi angin, dengan kecepatan rata-rata 19 hingga 28 km/jam serta suhu yang berada dikisaran 30 derajat celcius.

Selain itu, tinggi gelombang mencapai 1.25 – 2.5 meter patut menjadi perhatian khususnya bagi warga yang bermukim dipesisir pantai agar dapat lebih waspada. ”Hujan dan angin kencang selalu datang pada sore dan malam hari. Jadi kita ingatkan, agar warga khususnya pada saat hujan lebat dan angin kencang agar tetap waspada, baik itu selama berkendara dijalan raya maupun mencari rezeki di laut,” ujar Apri.

”Kemudian, dinas terkait lainnya mampu mengantisipasi dampak atas perubahan cuaca yang dialami sekarang khususnya menyangkut ketersediaan pangan dan fluktuasi harga.
Tapi, pasokan sembako aman kok,” sambungnya, kemarin.

Sementara itu, secara terpisah Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bintan Khairul di Kantor Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bintan, Selasa (4/9) pagi mengatakan, bahwa terkait kondisi stok pangan dan fluktuasi harga pangan di Kabupaten Bintan hingga saat ini masih dalam kondisi stabil.

Akhir Agustus 2018, untuk stok beras yang beredar mampu mencapai 5.511 ton beras baik di masyarakat (CPM) maupun di Perum Bulog dengan tingkat kebutuhan mencapai 1.474 ton per bulan nya. Sedangkan, ketersediaan minyak makan yang beredar mampu mencapai 453.753 liter dengan tingkat kebutuhan mencapai 182.443 liter per bulannya.

Sementara, untuk stok daging ayam mencapai 204.652 Kg dengan tingkat kebutuhan mencapai 142.904 Kg daging per bulan nya.

”Catatan kami diakhir bulan Agustus 2018 untuk fluktuasi harga masih stabil, harga telur ayam turun 100 rupiah menjadi 1.400 rupiah per butir. Harga daging ayam turun 3.000 rupiah menjadi 40.000 rupiah per kilonya , cabe rawit masih dikisaran 38.000 rupiah per kilonya dan minyak goreng curah dikisaran harga 11.700 rupiah per liternya “ tutupnya.(YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here