Mesti Buka Rute Baru

0
1270
Salah satu maskapai saat parkir di Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang belum lama ini. Saat ini runway bandara tersebut diperpanjang.F-ANDRI/TANJUNGPINANG POS

Mbs.bandara RHF uda bagus,cuma sayangnya rute tg pinang ke pontianak blm ada layani.btm/supadio selalu full kdg ngak dpt bg kursi lg .
085217573233

TANGGAPAN:
Terima kasih atas masukanya. Perlu di ketahui saat ini PT Angkasa Pura Tanjungpinang Bandar Raja Haji Fisabilillah (RHF) memperpanjang runway bandara akan ditambah 250 meter lagi. Tujuanya untuk meningkatkan pelayanan, agar maskapai banyak buka rute dari Tanjungpinang.

Panjang runway sekarang baru 2.250 meter. Mei nanti total panjang runway sudah 2.500 meter. Sesesuai dengan jadwal, Mei ini pengerjakan perpanjangan runway selesai dan langsung bisa difungsikan.

Dahulunya cuma 2.006 meter, kemudian diperpanjang lagi jadi 2.250 meter, dan mulai diperpanjang lagi 250 meter dan totalnya panjang runway kita 2.500 meter.

Baca Juga :  Pulihkan Lahan Tambang

PT Angkasa Pura II Tanjungpinang juga akan perluasan apron atau tempat parkir pesawat. Perkantoran milik PT Angkasa Pura II berada di terminal lama sebagian sudah dirobohkan. Tower ATC sendiri saat ini sudah menempati banguann tower baru. Namun, tower ATC lama belum dirobohkan karena menunggu surat resmi dari pemerintah pusat, terkait aset negara.

Aksesibilitas Bandara RHF semakin meningkat. Dengan panjang landasan pacu sekitar 2,5 kilometer satu-satunya bandara di Pulau Bintan ini bisa didarati pesawat penumpang semacam Boeing 737 seri 800 atau 900 hingga Airbus 320.

Pekerjaan runway masih dilakukan, sudah mencapai 50 persen. Dalam pembangunan runway yang sudah dianggarkan sekitar Rp20 miliar, ditargetkan pada bulan Maret akhir runway bisa siap sehingga bisa digunakan. Fasilitas benahi untuk menarik pihak maskapai menambah jam terbangnya.

Baca Juga :  Dilema SWRO

Dengan adanya perpanjangan runway ini dapat menambah maskapai dengan berbagai tujuan. Seperti dari Tanjungpinang ke Jakarta yang biasanya dalam satu hari hanya sekali nanti, nanti diharapkan bisa dua kali dalam satu hari.

Target secara umum menambah dua flight per harinya. Selama ini kan baru ada tiga flight PP (pulang-pergi) yang rutin tiap hari, itu belum ditambah dengan pesawat carteran ke Tiongkok.

Semakin panjang landasan pacu sebuah bandara memang menjadi sinyalemen baik. Sebab itu pertanda bandara itu siap didarati apapun jenis pesawat komersil yang akan masuk. Maskapai di RHF belum ada penambahan rute. Adapun bandara ini baru memiliki tiga jadwal penerbangan reguler, yaitu Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, dan Lion Air dengan rute dari dan menuju Bandara Jakarta, Matak, Pekanbaru dan Batam. Tapi, pihak bandara terus berusaha dan mendesak agar maskapai bisa melirik rute baru dari Tanjungpinang ke daerah lainnya di Sumatera, Pulau Jawa dan Kalimantan. (bas/ray)

Baca Juga :  Pejabat Mesti Giat

Evan Yolanda,
Manager Airport AOSM Bandar RHF

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here