Migrasi Meteran Listrik ke Prabayar Gratis

0
594
Manajemen PLN Tanjungpinang melakukan sosialisasi migrasi meteran ke prabayar. F-istimewa

Pelanggan Pintar Listriknya Prabayar

Perusahaan Listrik Negara (PLN) Area Tanjunpginang menjelaskan bahwa migrasi penggunaan meteran listrik dari pascabayar menjadi prabayar bukanlah sebuah paksaan, tetapi untuk keamanan pengguna jasa. Dan, merupakan program pemerintah.

TANJUNGPINANG – Manager Rayon Kota Tanjungpinang Zulhardi mengatakan dari 240 ribu pelanggan di wilayah kerja PLN Area Tanjungpinang di Kepri kecuali Batam, sudah 70 persennya telah beralih menggunakan meteran listrik dengan sistem prabayar tanpa adanya paksaan dan merupakan kemauan pelanggan. Tinggal 30 persen saja, belum menggunakan meteran listrik sistem prabayar.

Khusus untuk wilayan Tanjungpinang sendiri masih ada 40 ribu warga belum beralih menggunakan meteran sistem prabayar. ”Memang prabayar ini membantu juga bagi pelanggan untuk mengendalikan penggunaan listriknya,” kata Zulhardi, kemarin.

Kata dia, bagi pelanggan yang hendak migrasi dari sistem meteran ke yang baru tidak perlu membayar biaya administrasi apapun alias gratis. ”Kalau ada yang mau ganti pascabayar ke prabayar gratis, tak pernah dipungut apapun, saat ini sedang kita sosialisasikan ke tengah masyarakat,” jelasnya.

Zulhardi juga mengingatkan agar masyarakat berhati-hati kepada pihak yang mengatasnamakan PLN dan meminta dana-dana yang tidak jelas. Kata dia, migrasi meteran paskabayar ke prabayar sangat diterima masyarakat.

Sambung dia, saat PLN melakukan sosialisasi migrasi di kawasan Kelurahan Melayu Kota Piring, Kelurahan Kampung Bulang dan Kelurahan Tanjungpinang Barat, dan antusias pelanggan paskabayar hadir. ”Migrasi metaran paskabayar ke prabayar tidak ada paksaan dan wajib, namun ini merupakan program yang harus dijalankan,” bebernya.

Ia memberikan contoh, pelanggan di Pulau Penyengat sudah 100 persen migrasi dari meteran paskabayar ke prabayar. Karena, kunggulan yang dimiliki kalau menggunakan prabayar cukup baik. Kemudian, meteran paskabayar tidak ada lagi pengadaan, secara otomatis bila ada pemasangan pelanggan baru langsung mengunakan meteran prabayar. ”Stok meteran paskabayar tidak diproduksi lagi oleh negara,” tegasnya.(ABAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here