Minat Baca Masyarakat Mulai Meningkat

0
732
MEMBACA: Seorang pengunjung perpustakaan sedang membaca di salah satu lorong rak buku. F-ISTIMEWA

ANAMBAS – Kunjungan ke perpustakaan daerah di Tarempa sudah semakin ramai.
Mulai dari kalangan anak-anak hingga dewasa, antre untuk membaca buku dan saat ini terlihat ramai. Sejak pertengahan bulan Juni lalu diresmikan, saat ini sudah sekitar 300 lebih anggota perpustakaan tersebut. Setiap harinya, yang meminjam buku diperpustakaan tersebut terus bertambah banyak. Dari 300 anggota tersebut sekitar, 200 anggota lebih yang sudah meminjam buku.

Untuk menjadi anggota, perpustakaan tersebut tidak sulit yakni cukup menyerahkan foto kopi KTP dan mengisi formulir pendartaran. ”Syarat untuk bisa meminjam buku yakni harus menjadi anggota dulu. Kalau belum anggota tetap bisa baca buku tapi belum bisa meminjam, hanya bisa baca buku di tempat,” ungkap Yanti, salah seorang penjaga perpustakaan, kemarin.

Baca Juga :  Astaga, 52 ASN Mangkir Sebelum Cuti Bersama

Diakuinya, buku yang ada belum lengkap dan masih terbatas. Saat ini, ada sekitar 1.000 lebih buku yang ada di perpustakaan tersebut. Jumlah tersebut, merupakan bantuan dari perusahaan Migas Medco Energi dan SKK Migas sementara itu sisanya dari pengadaan daerah. Dari beberapa buku yang ada, dipisahkan menurut judul buku. Seperti buku pengembangan diri, buku, matematika, hukum dan sebagainya tersusun rapi di rak buku. ”Bukunya sekitar 1.000 lebih, yang 1.000 merupakan bantuan dari perusahaan sementara yang lain ada yang dari Dinas pendidikan dan dari pengadaan,” ungkapnya.

Baca Juga :  PLUT Belum Berfungsi Maksimal

Sebelumnya, Kepala Bagian Organisasi Perpustakaan dan Kearsipan Sekretariat Daerah Anambas Alfian mengatakan, jika saat ini baru ada 1.600 buku yang terdiri atas 5.000 judul. Diakuinya, angka tersebut jauh dari pada jumlah buku yang sebenarnya yang sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Sesuai dengan Undang-Undang No.43 tahun 2007, tentang Perpustakaan bahwa setiap perpustakaan mesti memiliki minimal 6.000 judul buku. (cr29)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here