Minat Sastra di Kalangan Pelajar Menurun

0
758
BACA PUISI: Salah satu peserta lomba sedang membacakan puisi. F-yoan/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG- Minat pelajar terhadap dunia Sastra dinilai semakin menurun karena beberapa faktor. Diantaranya, anak-anak sekarang lebih mengejar kemajuan teknologi dan meninggalkan permainan rakyat termasuk kesenian dan sastra. Tanggapan ini diutarakan Kabid Pengembangan Sekolah Menengah Pertama Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tanjungpinang, Tamrin Dahlan kepada Tanjungpinang Pos, Jumat (11/8).

Tentu ada juga siswa yang memiliki kemampuan dalam seni dan sastra namun sudah tidak banyak lagi. Ini butuh keinginan dan usaha keras berlatih. Bahkan kini, jika diadakan lomba baca puisi jumlah pesertanya tidak begitu banyak, bahkan menurun dari tahun ke tahun. Sebab tidak semua sekolah memiliki peserta untuk ikut bertanding. ”Minat siswa mengalami penurunan, buktinya tidak semua sekolah yang mengirimkan peserta, padahal surat sudah kita layangkan 20 hari sebelum kegiatan,” kata Tamrin.

Baca Juga :  Luis, Raih Nilai UN SMA Tertinggi di Kepri

Dari 72 Sekolah Dasar yang tersebar baik negeri maupun swasta, hanya 46 sekolah yang terlibat. Ini artinya sekitar 20 lebih sekolah tidak mengirimkan peserta. Sementara untuk kategori SMP dan SMA juga demikian, mengalami penurunan. Salah satu Sastrawan Kepri yang juga Dosen di dalah satu peguruan swasta di Tanjungpinang, Rendra menyampaikan bahwa minimnya minat karena anak-anak era sekarang lebih kepada gadget dengan berbagai aplikasi yang terus berkembang. (cr33)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here