Minggu, Gubernur dan Bupati Buka Ironman 70.3 Bintan

0
802
LEPAS PESERTA: Bupati Bintan Apri Sujadi saat melepas peserta Ironman 70.3 Bintan, tahun lalu. f-yusfreyendi/tanjungpinang pos

BINTAN – Sekitar 1.200 atlet dalam negeri dan mancanegara akan berlomba di ajang Ironman 70.3 Bintan. Direncanakan, ajang lomba kombinasi renang, balap sepeda dan lari ini dibuka oleh Gubernur Kepri H Nurdin Basirun dan Bupati Bintan H Apri Sujadi, Minggu (20/8) pagi besok.
Kepala Dinas Pariwisata Bintan Luki Zaiman Prawira menyampaikan, lomba Ironman 70.3 Bintan ini diawali dengan kelas anak-anak (kids), Sabtu (19/8) ini. Sedangkan untuk kelas profesional, akan digelar, Minggu besok. ”Dari Kementerian Pariwisata RI juga hadir. Tapi, rencananya Pak Gubernur dan Pak Bupati Bintan H Apri Sujadi yang membuka secara resmi, dihadiri Pak Wabup H Dalmasri Syam,” kata Luki di selapersiapan malam puncak HUT Kemerdekaan RI, di Lobam, Jumat (18/8) kemarin sore.

Luki menerangkan, hingga saat ini atlet profesional yang mendaftar di EO Metasport berasal dari 42 negara, ada sekitar 1.200-an atlet amatir atau rekreasional dan profesional. ”Dari informasi yang kami terima, Fredrick Croneborg dan Kate Bevilaqua sang juara ajang Ironman 70.3 Bintan tahun 2016 lalu, juga ikut berlomba kembali di tahun ini,” sebut Luki.

Baca Juga :  98 Persen Warga RI Miliki KK

Seribuan peserta lomba Ironman 70.3 Bintan 2017 ini akan melintasi rute yang menantang. Diawali dengan cabang renang dengan jarak 1,9 kilometer, balap sepeda sepanjang 90 kilometer. Terakhir, lomba lari yang akan melintasi 21 kilometer. Di ajang ini, pemenang lomba akan merebut total hadiah sebesar 15 ribu dolar Amerika. Kemudian, para pemenang akan mengikuti Ironman 70.3 World Championships di Afrika Selatan, tahun 2018 mendatang. ”Itu untuk amatir dan profesional. Sedangkan kelas anak-anak, bakal diikuti 300-an orang. Pesertanya dari Indonesia dan luar negeri,” tambahnya.

Baca Juga :  Kuasai Bandara RHF, Kelompok Separatis Dilumpuhkan

Sebelumnya, CEO MetaSport Nathalie Marquet mengungkapkan, ajang Ironman 70.3 Bintan selalu penuh warna. Lomba lari ketiga terbaik dunia di bawah Jerman dan Perancis ini, tak hanya diburu atlet-atlet papan atas dunia. Atlet 80 tahun asal Malaysia, Yee Sze Mun, juga dipastikan tampil di Ironman 70.3 Bintan, Minggu (20/8) besok. Yee Sze Mun tercatat sebagai triathlete tertua di Asia. ”Yee Sze Mun adalah triathlete tertua di Asia yang biasa terlihat di berbagai lomba triathlon,” ujar Nathalie Marquet.

Yee Sze Mun juga tercatat sebagai atlet Malaysia pertama yang menerima penghargaan Ironman Hall of Fame, tahun 2015 silam. Kekuatan fisiknya di atas rata-rata. Meski sudah tua, Yee sudah 16 kali menyentuh garis finish di 16 penyelenggaraan IRONMAN. Dia juga sering berpartisipasi di lebih dari 150 triathlon di seluruh dunia.

Baca Juga :  2016, Silpa Dana Desa Rp 25 Miliar

Selain menyaksikan lomba Ironman 70.3 Bintan, pengunjung akan disuguhkan live music, festival makanan dan minuman, hadiah, lucky draw, dan beragam hiburan lainnya. Ada juga sesi tanda tangan dan foto bersama para atlet elit yang berlaga di lomba ini. ”Ajang Ironman 70.3 Bintan ini sudah masuk dalam kalender internasional dan nasional. Dari ajang ini, Pemkab maupun masyarakat Bintan mendapatkan efek positif. Terutama, kita bisa menerima PAD dari sektor pariwisata, kunjungan turis pun meningkat,” kata H Apri Sujadi, Bupati Bintan. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here