Minggu, KPU Gelar Jalan Santai di Pamedan

0
579
Robby Patria

Sosialisasi Pilwako 2018 dan Kurangi Golput

TANJUNGPINANG – Untuk menggemakan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjungpinang menggelar jalan santai dan senam santai atau Gerakan Sadar Pemilu di Lapangan Pamedan, Minggu (29/10).

Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Robby Patria mengatakan, kegiatan ini, selain mengajak masyarakat untuk hidup sehat, ada pesan tersendiri yang disampaikan tentang Pilkada 2018.

Panitia menyediakan 500 pisis kaus untuk peserta. Desain kaus ini dibuat menarik dan berisi pesan. Misalnya, 27 Juni 2018 pilkada serentak. Pesan ini mengajak masyarakat untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk mencoblos pada 27 Juni 2018 nanti.

Kaus itu, kata Robby, sengaja didesain berisi pesan Pilkada sehingga menyebar kemana-mana. ”Kalau pakai kaus itu, orang pasti melihatnya. Setelah dibaca, mereka akan ingat Pilkada serentak 27 Juni 2018 nanti,” ujar Robby kepada wartawan di Batu 9, Rabu (25/10) kemarin.

Dengan demikian, minimal bisa mengurangi jumlah golput saat pemilihan Wali kota-wakil wali kota nanti. Sebab, dari awal masyarakat sudah mengingat tanggal tersebut.

Di Tanjungpinang, jumlah golput tergolong tinggi, sekitar 38 persen saat Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kepri tahun 2015 silam. KPU berusaha menekan angka golput di Pilwako 2018 nanti.

”Karena golput bukan pilihan yang baik. Satu suara juga penentu. Kegiatan ini juga bagian sosialisasi Pilwako Tanjungpinang tahun depan,” tambahnya lagi.

Dijelaskannya, jalan santai dan senam sehat ini digelar serentak di seluruh Indonesia, khususnya yang menggelar Pilkada tahun 2018. Di Kepri, hanya Tanjungpinang yang menggelar Pilwako di 2018 nanti, sehingga kegiatan tersebut hanya diadakan di Ibu Kota Provinsi Kepri ini.

Jalan santai akan start di Lapangan Pamedan menuju Jalan Basuki Rahmat depan SMAN 2, lalu kembali ke Pamedan. Dilanjutkan dengan senam sehat di lapangan Pamedan.

”Ada juga hadiah doorprize yang kami siapkan. Setelah olahraga santai di pagi hari, yang beruntung siap-siap dapat hadiah. Kita akan mulai pukul 06.00,” bebernya.

Untuk meramaikan acara ini, KPU juga mengundang Wali Kota dan Wakil Wali kota Tanjungpinang, stakeholder, tokoh masyarakat, tokoh agama, pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum lainnya. Hadiah doorprize cukup banyak. (mas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here