Minim Lowongan, Rumah Sewa Banyak Kosong

0
602
Tampak beberapa rumah sewa di Meral terlihat kosong, sejak sepinya lapangan kerja di Karimun.

KARIMUN – Dampak dari pengurangan tenaga kerja beberapa perusahaan di Karimun. Dalam kurun 2 tahun terahir, beberapa rumah sewa saat ini sepi peminat. ”Sejak perusahaan di Desa Pangke mengurangi pekerja. Karena job sepi, banyak rumah sewa kosong. Selama ini rumah tersebut disewa pekerja asal Batam dan Pulau Jawa yang datang bekerja ke Karimun. Sejak pekerjaan minim, banyak rumah kosong,” kata Azar warga Meral.

Dulu, tambah Azar. Mencari rumah menjadi hal yang sulit. Bahkan beberapa pemilik rumah meminjam dana ke Bank untuk membangun rumah sewa, nantinya penyewa membayar perbulan Rp 400 ribu sampai Rp 900 ribu per bulan. Sekarang ini, banyak rumah kosong. Pemilik kewalahan membayar listrik per bulan.

Baca Juga :  Kundur Siap Kembangkan Bioindustri Padi

Informasinya, tahun 2019 beberapa perusahaan kembali mendapat proyek. Sehingga pekerja akan kembali, bisnis rumah sewa akan bergeliat kembali seperti sedia kala. Karena masih ada pemilik rumah sewa yang harus membayar cicilan bank.

”Memang beberapa Perusahaan di Karimun sedang lesu, sehingga melakukan pengurangan tenaga kerja. Diprediksi akan kembali normal pada tahun 2019,” kata Kadisnaker Karimun Hazmi Yuliansyah.

Untuk mempersiapkan tenaga kerja yang siap pakai. Disnaker telah melakukan pelatihan dasar kepada pemuda yang belum bekerja. ”Ketika ada perusahaan membuka lapangan kerja, pekerja lokal Karimun akan diutamakan diterima,” tutur Hazmi. (yon)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here