Minta Sambungan PDAM

0
1042
MENGERING: Kondisi Waduk Sei Pulai saat mengering beberapa waktu lalu. Kini, Kepri butuh banyak waduk untuk persediaan air baku. f-dok/tanjungpinang pos

Kepada PDAM saya mau tanya. Jalan baru rumah sakit provinsi telah berdiri banyak ruko2 baik di kiri dan kanan jalan. Kapan kita bisa menikmati air dari PDAM . Dikarenakan air tanah yg ada di daerah tersebut kurang layak untuk di konsumsi. Kami berharap sekali PDAM bisa memahami kesulitan masyarakat .
Terimakasih
+6281364720007

Kenapa Air PDAM  Sering Tak Ngalir
MBS KPD DIR PDAM TPI ,Sy adalah pelanggan lama PDAM Tpi( NO 09330 ) , tapi 5 tahunan terakhir ini air tak pernah mengalir tp biaya beban tetap sy byr dan sy disuruh mengajukan permohonan rehab pipa ternyata sy dibebani biaya padahal pipa itu instalasi yg berada diluar rmh sy merupakan jaringan pipa PDAM tentunya bukan dibebani kpd sy tentu menjadi beban PDAM , kalau begini caranya sy seperti menyambung baru aja.jadi dimana tanggung jawab PDAM kpd pelanggannya? MOHON PENJELASANNYA PAK ‘
+6282171327202

Perumahan kami Belum Juga Tersambung Air Bersih
Kami belum mendapatkan sambungan baru dgn alasan yg bermacam macam padahal udah hampir 3 tahun terdaftar di PDAM mohon dibantu
+6285668230693

TANGGAPAN:
Sebelum pemasangan baru dilakukan agar air bersih mengalir di rumah, masyarakat terlebih dahulu mesti mengajukan permohonan pengajuan pelanggan baru ke Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kepri. Di saat pengajuan permohonan, petugas PDAM Tirta Kepri akan menjelaskan kepada calon pelanggan baru terkait penyaluran air bersih ke rumahnya. Tujuannya, supaya masyarakat atau calon pelanggan baru mengerti kondisi sebenarnya. Karena ada dua model, agar air bersih yang bersumber dari PDAM mengalir ke rumah pelanggannya.

Pertama, terlebih dahulu petugas PDAM harus mengetahui alamat rumah masyarakat yang ingin menjadi pelanggan baru. Supaya tahu, apakah ada jaringan pipa berada di rumah masyarakat tersebut. Kalau tidak ada jaringan pipa petugas PDAM akan menawarkan ke masyarakat untuk membuat jaringan pipa tersebut menuju ke rumahnya. Karena sementara ini kita tidak ada biaya untuk melakukan jaringan pipa ke pelanggan.

Apa bila mau, pihak PDAM akan membuat rancangan anggaran belanja (RAB) untuk pembuatan jaringan pipa tersebut. Setelah selesai, petugas PDAM akan memberikan RAB tersebut ke masyarakat. Supaya masyarakat tahu biaya yang akan dikeluarkan untuk melakukan pembuatan jaringan pipa tersebut. Saya ingin transparan kepada masyarakat. Jangankan RAB, kami sarankan masyarakat bayar ke loket yang resmi.

Karena lanjutnya lagi, biaya tersebut akan digunakan untuk kebutuhan pembuatan jaringan pipa tersier. Mulai dari beli pipa hingga pengerjaan.
Karena setiap lokasi rumah masyarakat tidak sama. Ada yang lokasinya alias jalan sudah di semen beton hingga di aspal. Ini juga yang perlu kita perhatikan. Kalau sudah ada saluran pipa tersier, masyarakat hanya dikenakan biaya sebesar kurang lebih Rp 1,3 juta.Biaya tersebut sudah termasuk dari meteran air hingga pemasangan aliran air menuju ke rumah masyarakat tersebut.

Perlu diketahui oleh masyarakat, ada dua sumber air bersih yang digunakan PDAM. Pertama, air bersih mengalir dari Sungai Pulai. Kedua, sumber air bersih dari Sungai Gesek. Sementara, pasokan sumber air bersih dari Sungai Pulai sudah terbatas. Karena hampir sekitar 70 persen pelanggan PDAM mengkonsumsi air bersih dari Sungai Pulai. Artinya, apabila ada masyarakat yang ingin melakukan pemasangan baru perlu menggunakan nomor antre. Karena sumber air bersihnya dari Sungai Pulai. (bas/dri)

Abdul Kholik
Dirut PDAM Tirta Kepri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here