Minta Tong Sampah

0
720
Pompong: Pompong pemungut sampah laut saat beroperasi beberapa waktu lalu. f-yoan/tanjungpinang pos

Ass.. mlkm dinas kebersihan dan pertamanan kota tanjungpinangping… tolonglah minta tong sampah untuk di pelantar-pelantar masyarkat pesisir, agar sampah kami tidak berserakan di laut.
+6281261008748

Pasang Jaring Sampah
MBS saran untuk pak wako tpi, untuk mengatasi pembuangan sampah rumah tangga di laut sebaiknya tiap rumah/ tempat usaha yg di atas laut diberi pagar jaring masing2 agar sampah tidak hanyut ke laut dan penghuni bertanggung jawab terhadap kebersihan di lingkungan sendiri demikian juga area pasar.tks
+6285264194449

TANGGAPAN:
Permasalahan sampah di wilayah perairan sekitar Pasar Baru Tanjungpinang di Pelantar II dan sekitarnya selalu menjadi titik konsentrasi gerakan bersih lingkungan yang dilaksanakan Pemko Tanjungpinang. April lalu puluhan anggota kebersihan Dinas Perkim bertungkus lumus dengan sampah laut.

Kotornya perairan di sekitar Pasar Baru lebih disebabkan oleh kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga dan memelihara kebersihan laut. Jauh sebelum gerakan bersih lingkungan yang kini dimotori oleh Dinas Perkim, Wali Kota Tanjungpinang H. Lis Darmansyah telah menyusun program gotong royong bersih lingkungan perairan pasar dan sekitar yang melibatkan lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Sebelumnya lintas OPD telah punya jadwal gotong royong untuk membersihkan sampah laut di kawasan pasar. Namun selang beberapa waktu saja, sampah yang terutama berasal dari pasar kembali memenuhi perairan sekitarnya. Kesadaran dan partisipasi masyarakat sepertinya masih kurang, dan ini menjadi tanggung jawab kita bersama. Saat gerakan bersih lingkungan turun, sampah laut yang terkumpul sampai puluhan 24 kubik

Namun sampah yang berada di perairan sekitar pasar itu juga belum sepenuhnya bersih, karena banyak faktor menyebabkannya. Pemerintah Kota Tanjungpinang mengimbau kepada seluruh pedagang dan masyarakat yang tinggal di kawasan pesisir untuk tidak membuang sampah ke laut. Karena seberapa intens pun kegiatan bersih lingkungan yang dilaksanakan oleh dinas terkait, tidak akan mencapai hasil optimal jika masyarakat masih saja membuang sampah ke laut.

Selain wilayah perairan sekitar Pelantar II, Dinas Perumahan Rakyat, Pemukiman, Pertamanan, dan Kebersihan Kota Tanjungpinang juga melaksanakan kegiatan serupa di perairan sekitar Taman Laman Boenda. Kegiatan bersih lingkungan dan sampah di wilayah perairan Tanjungpinang ini, direncanakan dilaksanakan secara berkelanjutan ke wilayah-wilayah lainnya.(bas)

Teguh Susanto
Kepala Bidang (Kabid) Pengelolaan Informasi dan Saluran Komunikasi Publik

 

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here