Minyak Hitam dari Lambung Tugboat Tangkapan Lantamal

0
827

TANJUNGPINANG – Jajaran Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang meminta maaf kepada warga Tanjungpinang terkait pencemaran minyak hitam di kawasan pesisir Tanjungpinang.

Hal ini dikatakan Kadispen Lantamal IV Tanjungpinang, Mayor Laut KH Martdianus Samuel Pontoh kepada awak media saat melakukan konferensi pers di Dermaga Yos Sudarso Markas Lantamal IV, Batu Hitam, Tanjungpinang, Rabu (28/3) malam.

Ia menuturkan, minyak tersebut berasal dari lambung Tugboat Ascelense yang sedang ditambat di kawasan Dermaga Lantamal.

“Kapal ini bersandar di dermaga karena proses hukum,” ungkapnya.

Ia menuturkan, kapal tenggelam karena hujan deras disertai angin dan gelombang pada Selasa (27/3) malam. Sehingga oli di dalam lambung kapal keluar dan meluas ke pesisir dan pelantar warga.

Informasi yang dihimpun Tanjungpinang Pos, minyak hitam tersebut bukan hanya mencemari kawasan pesisir Teluk Keriting, tetapi juga sampai ke kawasan Pantai Impian dan Senggarang serta Kampung Bugis.

Hal ini juga dibenarkan Lurah Tanjungpinang Barat, Winny  Hidayat kepada Tanjungpinang Pos, Rabu (28/3) pagi.

Samuel menjelaskan, untuk mengatasi  limbah yang sudah menyebar ke pesisir pantai pihaknya memasang oil boom atau peralatan yang digunakan untuk melokalisir atau mengurung tumpahan minyak di sekitar kapal yang tenggelam.

“Tapi karena cuaca dan gelombang tadi malam, tumpahan minyak juga tetap menyebar hingga ke kawasan pesisir lainnya,” tuturnya.

Langkah kedua yang diambil, berkoordinasi dengan KPLP, Pertamina Tanjunguban dan KOSP untuk mengantisipasi dengan cara menyebarkan deterjen di tumpahan minyak di kawasan pesisir.

Upaya lainnya yang dilakukan dengan cara penyedotan minyak di tempat kapal yang karam. Tujuannya supaya minyak tersebut bisa diambil dari kapal dan tidak menyebar lagi.

Terkait jumlah muatan minyak di dalam kapal, ia mengaku belum bisa memastikan karena masih dalam proses. (ray/dlp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here