Mobil Dinas DPRD Ditarik

0
1133
DITARIK: Puluhan mobil dinas anggota DPRD Kepri sudah ditarik dan parkir di halaman kantor DPRD Kepri.f-suhardi/tanjungpinang pos

Uang Transportasi Dewan sekitar Rp 15 Juta per Bulan

Sebanyak 41 unit mobil dinas milik anggota DPRD Kepulauan Riau (Kepri), akhirnya dikembalikan ke pemerintah. Hal ini sebagai pengganti tunjangan yang mereka dapat.

TANJUNGPINANG – Tunjangan transportasi yang diterima dewan, berkisaran antara Rp10 juta sampai Rp15 juta per orang setiap bulannya. Ini sesuai Peraturan Daerah (Perda) tentang Hak Keuangan dan Administratif Anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau, yang telah disahkan.

Salah satu narasumber, namanya tidak mau dikorankan, menyebutkan tunjangan transportasi anggota dewan, nilainya memang belum disahkan tapi gambaranya sudah ada. ”Kisaran Rp10 sampai Rp15 juta per bulannya. Unsur pimpinan tetap memakai mobil dinas. Karena, memiliki aturan tersendiri,” kata sumber itu.

Sementara itu, anggota DPRD Provinsi Kepri Rudi Chua, mengaku belum tahu berapa banyak tunjangan transportasi bakal ia terima per bulannya.”Setahu saya belum ada nilainya. Tapi, coba tanya ke bagian Banggar,” tegasnya.

Baca Juga :  Gedung Gonggong Dipasang Video Mapping

Ia menjelaskan, pascadisahkannya Perda tentang Hak Keuangan dan Administratif anggota DPRD Provinsi Kepulauan Riau, seluruh legislator telah mengembalikan mobil dinasnya. Mobil dinas ini, nantinya akan dikembalikan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepri. ”Tidak ada lagi fasilitas mobil dinas bagi anggota DPRD. Sebagai pengantinya, mereka akan dikasih uang untuk tunjangan transportasi,”kata Rudi Chua, Rabu (7/9).

Saat ini jumlah mobil dinas yang terparkir di parkiran Kantor DPRD Kepri di Dompak, tidak sesuai dengan jumlah anggota DPRD Kepulauan Riau yang ada. Politisi Hanura dari Dapil Kota Tanjungpinang, membenarkan kalau mobil dinas di parkiran DPRD tersebut, tidak semuanya terletak di parkiran kantor dewan. Namun, sisanya ada yang berada di Batam. ”Tidak semua mobil dinas tersebut berada di parkiran DPRD Provinsi Kepulauan Riau, tetapi saat ini masih ada yang berada di parkiran VIP Pelabuhan Punggur Batam,” tegasnya.

Baca Juga :  Pemprov Sediakan 150 Laptop

Kemudian, kata Rudi Chua, mobil dinas yang parkir di Pelabuhan VIP Telagapunggur Batam, akan di bawa secara bertahap ke Tanjungpinang. Nanti, akan menggunakan kapal Roro Batam ke Tanjunguban.

Sementara itu, Kepala Bagian (Kabag) Humas DPRD Kepri Benito Masnura mengatakan, ada 45 orang anggota DPRD. Terdiri dari, empat orang pimpinan dan 41 anggota. Dengan jumlah mobil dinas yang harus dikembalikan sebanyak 41 unit. ”Jadi seluruh mobil dinas yang harus dikembalikan sebanyak 41 unit,” tegasnya. Sedangkan, empat orang unsur pimpinan tidak mengembalikan.

Dikarenakan mereka memiliki aturan tentang fasilitas kendaraan dinas atau melekat fasilitas jabatan tersendiri. Kemudian, sambung dia, unsur pimpinang dewan tidak menerima tunjangan transportasi. Masih kata dia, ada dua orang anggota dewan yang baru masuk dalam Pergantian Antar Waktu (PAW). Mobil mereka juga ditarik dan tidak menerima mobil dinas lagi.

Baca Juga :  Xpress Air Buka Rute RHF-Malaka

Ditempat terpisah, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungpinang, Riono menjelaskan, mobil anggota DPRD Tanjungpinang belum bisa ditarik. ”Karena anggaran untuk transportasinya belum ada. Jadi, kita berikan kesempatan untuk memakainya dulu,” tegasnya.

Mantan pejabat Provinsi Kepri ini, juga telah minta kepada Bapedda, untuk menghitung, berapa besar tunjangan transportasi yang akan diterima anggota DPRD Tanjungpinang. ”Barusan Pak Surjadi, Kepala Bapedda, saya minta untuk menghitungbesaran tunjungan trasportasi dewan,” tegasnya.(SUSANTO-ABAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here