Muncul Wacana Jurusan Multimedia SMKN 1 Dipindahkan

0
152
SISWA SMKN 1 Tanjungpinang saat mengikuti Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) disekolah itu, belum lama ini.

TANJUNGPINANG – Beredar informasi bahwa jurusan Multimedia dari SMKN 1 Tanjungpinang akan dipindahkan ke SMKN 4 Tanjungpinang. Begitu juga dengan jurusan Pariwisata dari SMKN 1 Tanjungpinang akan dipindahkan ke SMKN 2 Tanjungpinang.

Terkait rencana ini ada yang setuju dan banyak juga yang menolak dengan berbagai alasan. Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kepri, Arifin Nasir menuturkan, wacana ini belum bisa direalisasikan pada tahun ajaran baru 2018/2019 mendatang. Kata Arifin, ini masih sekedar rencana.

Bila hal ini menimbulkan ketidaksetujuan masyarakat termasuk pihak sekolah, maka belum tentu direalisasikan. ”Saya pastikan perpindahannya tidak tahun ajaran baru ini, karena masih harus dirapatkan bersama sekolah-sekolah,” tuturnya kepada Tanjungpinang Pos, kemarin.

Saat disinggung mengenai alasan rencana tersebut, Arifin menuturkan agar setiap sekolah-sekolah kejuruan memiliki spesifikasi tersendiri. Dengan demikian usulan kegiatan, bantuan dan program bisa terfokus kepada masing-masing sekolah kejuruan.

”Misalnya SMK yang fokus pariwisata akan fokus dibantu dan kembangkan pada pariwisata, begitu dengan jurusan lainnya komputer, maupun mesin juga fokus. Meski demikian, jika perpindahan jurusan dinilai kurang tepat bisa saja tidak jadi,” tuturnya.

Ini masih usulan dan perlu sosialisasi kepada masyarakat. Hanya saja, tujuan pemerintah ingin fokus dalam membina sekolah-sekolah kejuruan yang kewenangannya kini di provinsi. Sebelumnya, banyak kalangan yang kurang setuju dengan perpindahan dua jurusan tersebut dari SMKN 1 Tanjungpinang.

Seperti diutarakan salah satu alumni Multimedia SMKN 1 Tanjungpinang, Jeni yang khawatir jurusan tersebut nantinya tidak akan berkembang di sekolah baru karena mempersiapkan sarana dan prasarananya tidak mudah. Saat ini, SMKN 4 Tanjungpinang memang fokus bidang jaringan, komputer dan multimedia.

Karena itulah muncul wacana pemindahan jurusan multimedia dari SMKN 1 ke SMKN 4 agar fokus. Sedangkan SMKN 1 masih memiliki beragam jurusan baik ekonomi, multimedia, pemasaran, pariwisata dan lainnya. Sehingga tidak fokus pada satu jurusan. SMKN 2 Tanjungpinang juga fokus pada satu jurusan perhotelan dan diharapkan jurusan pariwisata SMKN 1 bisa dipindahkan ke sana. (dlp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here