Musim Angin, Tangkapan Nelayan Menurun

0
246
NELAYAN bersiap menebar jaring di tengah cuaca yang tidak bersahabat dan membuat tangkapan ikan menurun dari sebelumnya. F-ISTIMEWA

Masuki musim angin selatan dan timur di Perairan Karimun dalam dua bulan terakhir, membuat tangkapan ikan nelayan mengalami penurunan dari sebelumnya. Bahkan, beberapa nelayan enggan melaut menunggu cuaca membaik.

KARIMUN – ”Ini musim angin selatan dan timur, cuaca dilaut kurang bersahabat karena gelombang. Sehingga, beberapa nelayan beruapaya menepi menunggu cuaca membaik. Tangkapan ikan mengalami penurunan, ini sudah terjadi sejak pertengahan Mei lalu. Ada pun tangkapan ikan hanya sejenis,” kata Apat, nelayan asal Meral, Jumat (22/6).

Belum lama ini, lanjut Apat, ikan tangkapan yang dihasilkan hanya ikan Malong. Biasanya beberapa jenis ikan bisa didapat, seperti gelame, senangin, gerut dan ikan jenis lainnya.

Akibat musim angin yang kurang baik, diprediksi cuaca akan kembali membaik pada bulan Juli sampai September. Disaat tangkapan ikan menurun, harga ikan di pasar meningkat dari biasanya.

Ikan di pasar Karimun sebagian besar dipasok nelayan lokal dan ikan asal Pulau Jawa dan Sumatera. Dikisaran Rp30 ribu sampai Rp90 ribu per kilogram.

”Kami selalu mengingatkan nelayan untuk waspada, apa bila cuaca sedang tidak baik segera menepi ke pulau terdekat dan berkumpul bersama dengan nelayan lainnya. Sehingga, apa bila terjadi sesuatu dapat saling membahu dan segera melaporkan kejadian ke Sat Polair,” kata Kasat Polair Polres Karimun Iptu Sahata Sitorus.

Kemudian, di kapal harus dilengkapi dengan life jacket dan peralatan komunikasi yang selalu dalam kondisi baik. Makanya setiap hendak berangkat, nelayan selalu dihimbau untuk memeriksa kondisi mesin dan tidak lupa membawa life jacket,” pesan Sitorus.

Namun, pihaknya tetap menekankan apabila cuaca tidak baik nelayan diminta jangan memaksa turun melaut walaupun menggunakan pelampung atau life jacket. Tunggu cuaca benar-benar reda. (ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here