Musim Angin Utara, Ratusan Kelong Ditarik

0
517
SEORANG warga melihat kelong apung yang sudah banyak ditarik ke bibir pantai Trikora, Kecamatan Gunung Kijang, Selasa kemarin.f-istimewa

BINTAN – Musim angin utara, kini mulai melanda Pulau Bintan. Ratusan kelong apung di sepanjang pantai utara Bintan ditarik dari tengah laut. Hal itu untuk mengantisipasi rusak atau hilangnya kelong karena terkena ombak dan angin kencang.

Razali, seorang warga setempat mengatakan, kelong apung yang biasanya ditempatkan di tengah laut untuk menangkap ikan itu, sudah ditarik sejak sepekan terakhir ini.

”Sudah mulai ditarik, karena sudah masuk monson (angin utara). Tapi ini baru masuk yang pertama, nanti akan ada reda sebentar, baru kemudian masuk yang kedua angin dan ombak yang besar,” katanya, baru-baru ini.

Baca Juga :  Panen Raya, Saatnya Menikmati Wisata Durian ke Bintan

Ia menjelaskan, untuk saat ini aktivitas menangkap ikan di laut untuk nelayan masih bisa dilakukan. Untuk kelong apung pun masih ada yang berani melaut. Namun jumlahnya sudah sedikit.

Daus nelayan lainnya membenarkan, musim angin utara sudah mulai masuk. Beberapa kelong bahkan sudah ditarik dan perlahan mengalami perbaikan.

”Ya ada juga yang diperbaiki sedikit-sedikit. Kalau tak segera ditarik rawan kena ombak, bisa hanyut bahkan, di tengah laut sana kan kami tak tahu kondisinya seperti apa,” ucapnya.

Baca Juga :  Komisi I Ngebet BLT Secepatnya Disalurkan

Ia juga mengatakan, masuknya angin utara ini juga ditandai dengan mulai banyaknya sampah yang hanyut ke tepi pantai. Terkadang juga limbah minyak. (aan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here