Musim Angin Utara Sampai Maret

0
823
Prakirawan cuaca Stasiun BMKG Tanjungpinang, Ardhito. f-andri/tanjungpinang pos
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang memprakirakan musim angin Utara terjadi di wilayah Provinsi Kepri, akan berlangsung sampai Maret 2019 mendatang.

TANJUNGPINANG – Hal ini berdasarkan hasil pantauan prakirawan cuaca Stasiun BMKG Tanjungpinang, Ardhito melalui layar monitor di tempat kerjanya berada di Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang, Selasa (5/2).

Ardhito mengatakan, musim angin Utara dikarenakan adanya tekanan rendah terjadi di Belahan Bumi Selatan (BBS) mencapai 992 milibar (mb). Hal ini disebabkan adanya pemanasan matahari yang saat ini sedang berada di BBS.

Jadi, angin bertiup dari Belahan Bumi Utara (BBU) ke BBS. Saat ini, BBU mencapai 1027 mb.

Saat ini, menurut prediksinya lagi, angin Utara sudah semakin melemah. Karena kecepatan tiupan angin hanya mencapai sekitar 5-30 kilometer per jam.

Meskipun itu, tiupan angin masih kuat terasa dibadan saat berada diluar rumah. Kecepatan tiupan angin masih berdampak terjadi tinggi gelombang di dua perairan laut Provinsi Kepri, yakni perairan laut Anmbas dan Natuna.

Tinggi gelombang terjadi di dua perairan tersebut, mencapai dua meter. Berbeda dengan kondisi tinggi gelombang di perairan laut Bintan dan Lingga hanya mencapai 0,2 meter sampai 1,3 meter.

Sedangkan tinggi gelombang di perairan laut Tanjungpinang, Batam dan Karimun hanya mencapai 0,2 meter sampai dengan 1,0 meter.

Oleh karena itu, ia mengimbau, kepada masyarakat untuk waspadai dan berhati-hati gelombang tinggi terutama di wilayah bagian Utara perairan laut Anambas dan Natuna, yang dapat mencapai dua meter.

Masyarakat juga mewaspadai mudah terjadi kebakaran, baik kebakaran lahan maupun hutan di pemukiman. Karena suhu saat ini panas, ditambah lagi dengan tiupan angin yang terbilang cukup kuat. ”Kalau bisa, disaat bakar-bakar sampah di tunggu apinya tidak merembet ke lainnya,” ujarnya. (ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here