Musim Durian, Berkah Bagi Petani

0
1281
SEORANG pedagang tengah membuka buah durian untuk melayani pembeli.F-ISTIMEWA

Natuna – Kegembiraan para pemilik kebun durian benar-benar terlihat, saat melihat hasil panen buah durian tahun ini melimpah hasilnya. Hasil panen durian tahun ini cukup banyak, dibandingkan tahun sebelumnya.

Musa pemilik kebun durian di Desa Ceruk, Kecamatan Bunguran Timur Laut, mengatakan tahun ini panen durian menjadi berkah bagi keluarga. Dengan panen yang melimbah, tentunya sumber rejeki juga pasti bertambah. ”Alhamdulillah panen durian tahun ini banyak. Sejak akhir bulan lalu sudah ratusan buah durian terjual,” kata Musa usai memanen buah durian, Minggu (15/7).

Baca Juga :  Dua Kecamatan Minta Disinggahi Tol Laut

Ia menyebutkan, hasil panen durian yang melimpah jadi penambah rejeki keluarga. Sedangkan untuk uang hasil penjualan langsung ditabung. ”Untuk hasil penjual sudah pasti ditabung, ada sedikit rezeki nantinya bisa dibelikan emas untuk istri dan biaya sekolah. Tapi terkadang kalau orang kampung biasanya hasil panen di belikan sepeda motor atau yang lainnya,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh petani kebun cengkih, yang sebentar lagi akan merasakan hasil panen yang melimpah sama seperti panen durian. Sekarang buahnya yang tumbuh banyak, subur dan lebat di setiap pohon yang sudah memasuki usia berbuah dan diperkirakan sekitar dua atau tiga bulan lagi siap panen.

Baca Juga :  Besok, Panglima TNI Berkunjung ke Natuna

”Putik buahnya saat ini jauh lebih banyak kalau dibandingkan tahun kemarin, mudah-mudahan bisa mendapatkan masih yang memuaskan,” ungkap Parman.

Dari kondisi buah cengkih yang banyak itu, Parman menaksir tahun ini akan ada panen raya cengkeh seperti yang terjadi dua tahun sebelumnya. ”Nampaknya akan panen raya lagi karena rata-rata cengkihnya berbuah banyak tahun ini,” tutupnya. (hrd)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here