Musim Utara, Nelayan Pilih Pulang Petang

0
64
MUSIM angin utara nelayan Karimun memilih lebih cepat pulang melaut dari biasanya untuk menghindari gelombang tinggi saat menangkap ikan. f-alrion/tanjungpinang pos

KARIMUN – Memasuki musim angin utara diperairan Karimun, membuat nelayan harus pergi pagi dan pulang pada petang hari. Pilihan itu diambil, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan karena kuatnya gelombang laut saat angin utara berhembus.

”Waduh, kalau musim utara kita pergi pagi dan pulang petang. Tak lama setelah jaring ditebar, angin kuat betul tak bisa tenang mencari ikan. Tak lama kemudian, jaring pun saya tarik dan jangkar ditarik untuk pulang. Dapat ikan secukupnya, jadilah,” kata Apat, nelayan asal Meral, Kamis (3/1).

Selain dia, nelayan lain asal Meral juga memilih langkap sama.

Sekitar pukul 05.30 WIB dan pulang sekira pukul 16.00 WIB. Dapat ikan atau tidak dapat ikan, para nelayan tetap harus pulang.

Karena memang, tidak membawa persediaan perbekalan yang cukup untuk lebih dari 1 hari. Ditempat terpisah, Kepala Sat Polair Polres Karimun Iptu Sahata Sitorus telah mengingatkan nelayan agar mewaspadai musim angin utara dan angin barat diawal tahun 2019.

Untuk itu, saat melaut jangan lupa membawa bekal dan alat keselamatan seperti lifejacket dan radio komunikasi, dan sesama nelayan posisinya harus berdekatan.

”Selain mewaspadai angin, perlu diwaspadai hujan dan petir saat melaut,” katanya. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here