Musrenbang Tak Seremoni, Tuangkan Ide

0
409
BUPATI Bintan H Apri Sujadi didampingi Wabup H Dalmasri Syam, Ketua DPRD Bintan Nesar Ahmad, anggota DPRD Kepri dan FKPD memukul gong.f-yendi/tanjungpinang pos

Bupati Prioritaskan Kegiatan yang Mendorong Ekonomi

BINTAN – Bupati Bintan H Apri Sujadi mengingatkan kepada setiap pimpinan OPD, Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenbang) tidak seremoni. Namun, pimpinan OPD harus menuangkan ide, untuk pembangunan ke depan. Terutama yang mendorong pertumbuhan ekonomi.

Pesan itu disampaikan Bupati Bintan H Apri Sujadi saat membuka Musrenbang 2018 Kabupaten Bintan, di Bhadra Resort & Convention Km 25, Toapaya, Rabu (21/3) kemarin. Musrenbang ini dihadiri Wakil Bupati Bintan H Dalmasri Syam, Sekda Adi Prihantara, Edi Rupiano dari Pemprov.

Apri menjelaskan, pelaksanaan Musrenbang ini diharapkan mampu menjawab tantangan ekonomi global. Tahun 2016, pertumbuhan ekonomi Kabupaten Bintan berdasarkan data BPS Bintan dan BP3D Kabupaten Bintan sebesar 5,17 persen. Sedangkan pada tahun 2017, pertumbuhan ekonomi Bintan meningkat, menjadi 6,17 persen. Angka ini jauh di atas pertumbuhan ekonomi provinsi, dan nasional. Ini tak lepas dari sinergisitas pemerintah sebelumnya dan sekarang, dalam menyusun rencana kegiatan pembangunan.

Baca Juga :  Wanita Muda Jadi PDP ke-21

”Peningkatan pertumbuhan ekonomi dipengaruhi sebagian besar dari sektor pariwisata. Tahun 2017, kunjungan turis ke Bintan di atas 360 ribu. Sedangkan kunjungan wisatawan lokal, berkisar 370 ribu,” sebut H Apri Sujadi.

”Justru itu, pembangunan di 2019, tetap kita arahkan pada infrastruktur pendukung pariwisata. Kegiatan diprioritaskan kepada kegiatan yang mendorong ekonomi,” tambahnya.

Selain itu, H Apri Sujadi menekankan kepada kegiatan pendidikan dan pelayanan kesehatan gratis, serta beberapa kegiatan sektor lainnya. Menurutnya, Musrenbang ini bisa terciptanya program pembangunan yang tujuan akhirnya bagi kesejahteraan masyarakat dan sesuai dengan visi misi dalam RPJMD.

Baca Juga :  Kajari Bintan Musnahkan Narkotika dan Belasan Ribu Botol Miras Berkualitas Impor

”Saya meminta OPD dan aparatur pemerintah harus paham dan mampu melaksanakan fungsi dan tugasnya, serta mampu menerjemahkan visi misi RPJMD,” tegasnya.

Kepala BPPPD Wan Rudi menjelaskan, Musrenbang dilaksanakan sampai, Kamis (22/3) ini. Diharapkan proses penyusunan perencanaan daerah berdasarkan Renja setiap OPD, untuk tahun anggaran 2019. Tentunya mengacu kepada RPJMD. Baik sektor pariwisata, sektor pendidikan, sektor kesehatan, peningkatan infrastruktur pedesaan, pengembangan dan peningkatan UMKM serta peningkatan kualitas dan kuantitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Dalam kegiatan Musrenbang ini, Ketua DPRD Bintan H Nesar Ahmad menyampaikan sejumlah prioritas pembangunan dari penjaringan aspirasi dewan. ”Ada beberapa kegiatan penting yang harus diakomodir, dari aspirasi masyarakat,” kata Nesar di depan seluruh OPD, FKPD, anggota DPRD Bintan dan DPRD Provinsi Kepri, serta peserta Musrenbang.(YUSFREYENDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here