Musyafa Ketua LAM, Bupati Bangga Keanekaragaman

0
94
BUPATI Bintan H Apri Sujadi bersama tokoh adat Melayu, pada saat Musda ke-III LAM Kabupaten Bintan, Selasa (28/7).

KITANG -Bupati Bintan H Apri Sujadi bangga dengan keanekaragaman agama, adat dan suku di Kabupaten Bintan. Meski beraneka ragam, nilai persatuan tetap terjadi. Tak terkecuali untuk Lembaga Adat Melayu (LAM) di Kabupaten Bintan dalam melestarikan budaya Melayu.

Hal ini disampaikan Apri Sujadi di sela membuka Musyawarah Daerah (Musda) ke-III 2020 Lembaga Adat Melayu (LAM) Kabupaten Bintan di Gedung Megat Seri Rama Bintan, Kijang, Selasa (28/7) pagi kemarin. Musda ini dihadiri Ketua LAM Provinsi Kepri datok Abdul Razak.

Apri menjelaskan, Bintan merupakan negeri dengan tingkat toleransi yang tiada batas. Sekali pun Melayu menjadi akar dalam keseharian. Namun Bintan selalu terbuka bagi berbagai etnis lainnya, untuk bisa hidup rukun dan berdampingan.

Baca Juga :  Bangun Kerja Sama dengan Ponpes Tebuireng Jombang

”Untuk Melayu, kita selalu berpegang pada adat bersendi syarak. Syarak bersendi Kitabullah. Adat istiadat Melayu telah mendarah daging di masyarakat, dan menjadikan Bintan sebagai daerah yang penuh dengan keramahan dan kesopanan,” ujar bupati.

H Apri Sujadi menegaskan, dirinya bersama seluruh jajaran berkomitmen untuk melestarikan budaya asli nenek moyang ini. Ia berharap, sederas apa pun perkembangan zaman, adat resam ini masih bisa terus dijadikan pegangan.

”Bukan sekadar komitmen, ini sudah menjadi kewajiban bersama. Keberadaan LAM yang menjadi muara dari hajat bersama ini, tentu harus mendapat dukungan penuh. Kita yakin, dengan mempertahankan adat budaya sendiri pun, kita bisa beradu dengan perkembanga zaman,” tutur Apri Sujadi.

Baca Juga :  Pantau Terus Harga dan Ketersediaan Bahan Pokok

Apri menambahkan, Pemkab Bintan berterima kasih dan menyampaikan apresiasi atas dedikasi serta kontribusi LAM dalam membumikan adat resam Melayu. Bintan sendiri yang menjadi salah satu destinasi bahari bertaraf internasional, tentu harus mempunyai benteng yang kokoh guna menyaring masuknya kebudayaan asing.

”Ke depan, kita terus bergandengan menjaga adat resam Melayu ini,” terang Apri.

Plt Ketua LAM Bintan Musyafa Abbas akhirnya terpilih sebagai Ketua LAM Kabupaten Bintan. Ia akan mengupayakan pendaan untuk LAM kecamatan.

”Petuah orang tua, di mana bumi dipijak di situ langit dijunjung. Itu yang jadi pegangan kita bersama, ke depan,” tutupnya. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here