Muttaqin: Babin, Semoga Penantian 14 Tahun Terwujud

0
364
Muttaqin Yaser

BINTAN – Rencana pembangunan jembatan Batam-Bintan (Babin) kembali menjadi booming, setelah permohonan rombongan Pemprov Kepri direspon positif oleh Presiden RI Jokowi, pekan lalu. Rencana yang diprakarsai mantan Gubernur Kepri Ismeth Abdullah ini diharapkan segera terwujud.

”Kami di dewan Bintan juga bangga, kalau megaproyek pembangunan jembatan Babin seperti jembatan Suramadu (Jatim) ini, terealisasi cepat. Semoga saja, penantian 14 tahun membangun jembatan Babin ini terwujud,” kata Muttaqin Yaser, Sekretaris Komisi II bidang pembangunan DPRD Bintan, kemarin.

Hanya sekedar mengingat, pembangunan jembatan Babin, yang menghubungkan Pulau Batam ke Pulau Bintan, tepatnya di Tanjunguban ini, mulai diwacanakan tahun 2004 lalu. Saat itu, program pembangunan jembatan Babin dimunculkan Ismeth Abdullah, ketika ingin menghadapi Pilkada serentak 2005. Ismeth terpilih bersama alm HM Sani, wacana pembangunan jembatan Babin redup.

Kemudian, 2010 wacana pembangunan jembatan Babin kembali muncul, sampai terpilihnya HM Sani bersama Soerya Respationo, sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri periode 2010-2015. Sani-Soerya pun pernah mengajukan ke pemerintah pusat, agar pembangunan jembatan Babin segera direalisasikan.

Masa itu, mantan Gubernur Kepri HM Sani menyatakan, sudah ada kontraktor dari Tiongkok dan Korea yang bersedia membangunan jembatan Babin. Tapi, realisasinya belum kunjung terwujud.

”Semoga saja rencana pembangunan ini tidak hanya muncul di saat tahun politik. Kita berharap semoga cepat terwujud. Karena, jembatan Babin ini bakal mendongkrak ekonomi di Pulau Bintan,” tutur Muttaqi Yaser. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here