Nakhoda Harus Waras

0
813
TINJAU BANDara: Gubernur dan Kapolda masuk salah satu pesawat di bandara Hangnadim, kemarin.

BNN Periksa Urine Seluruh ABK

BATAM – Lonjakan para penumpang arus mudik terjadi seluruh pelabuhan dan bandara yang ada di Kepri. Karena Kepri merupakan daerah kepulauan, membuat bandara dan pelabuhan menjadi tidik teramai arus musik. Kemarin rombongan, Gubernur Kepri dan Kapolda Kepri H Nurdin Basirun dan Kepri Irjen Pol Drs Sam Budigusdian meninjau sejumlah pelabuhan dan mempersiapkan personil untuk kelancaran arus mudik.

Di Pelabuhan Domestik Sekupang, kemarin, puluhan nakhoda dan ABK kapal melakukan pemeriksaan urine yang dilakukan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN). menurut Kapolda Nakhoda kapal harus sehat dan tidak boleh terpengaruh narkoba, serta keselamatan pelayaran harus menjadi yang utama.

“Kita sengaja turun langsung, untuk melihat dari dekat situasi arus mudik di pelabuhan ini. Kita juga ingin memastikan fasilitas dan pelayanan terhadap masyarakat berjalan dengan sebaik-baiknya. Setelah kita lihat secara langsung, ternyata fasilitas dan pelayanan terhadap masyarakat sudah lebih baik,’’ jelas Kapolda Kepri, Irjend Pol Drs Sam Budi Gusdian sebelum meninggalkan Pelabuhan Sekupang menuju Pelabuhan Telaga Punggur, kemarin.

Baca Juga :  Petinggi Kampus Jangan Rakus Jabatan

Sedangkan Gubernur Kepri memilih irit bicara ketika dimintai wartawan pendapatnya, tentang kondisi riil yang disaksikan langsung di Pelabuhan Domestik Sekupang. Nurdin hanya menyebutkan, pendapatnya sama saja dengan Kapolda. Dari tes urine yang dilakukan, ternyata seluruh nakhoda dan ABK kapal tidak satupun yang teridentiviaksi menggunakan narkoba.

”Laporan yang saya terima, tidak satu orang pun Kapten Kapal mengkonsumsi narkoba. Semuanya menunjukkan hasil negatif. Ini tentu membanggakan,’’ jelas Sam Budigusdian.

Selain untuk ABK kapal, petugas penerbangan pesawat juga meski melakukan pemeriksaan urine. Sementara di di Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) arus mudik sudah mai ramai. Lonjakan penumpang diprkirakan mencapai 4000 penumpang untuk keberangkatan. Kasi Lala KSOP Tanjungpinang Misbachin mengatakan, lonjakan penumpang itu sudah terjadi beberapa hari terakhir jelang mudik lebaran di pelabuhan domestik.

Baca Juga :  120 Personel Ikut Safari Potmar

”Lojakan saat ini ada penambahan sekitar 300 penumpang, per hari,” katanya Senin (19/6). Menurutnya, lonjakan juga akan terjadi pada Rabu (21/6) mendatang itu dikarenakan jadwal keberangkatan kapal tujuan pulau Anambas.

”Rabu dan Jumat kapal dengan tujuan Anambas berangkat dari SBP, ini merupakan titik mudik lebaran,” jelasnya. Dalam mengatasi lonjakan yang diperkirakan akan terjadi pada H-5 ini, pihak KSOP Tanjungpinang akan melakukan penambahan armada kapal dengan tujuan pulau Batam.

Misbachin menyebutkan, saat ini belum ada penambahan, namun tetap dikondisikan jika nanti memang dibutuhkan. Ada empat armada yang sudah disiapkan mengatasi lonjakan para penumpang dengan tujuan Tanjungpinang-Batam sedangkan untuk tujuan pulau lainya belum direncanakan penambahan armada.

Baca Juga :  SMPIT As-Sakinah Diresmikan

”Kita siapkan cadangan 4 armada guna mengantisipasi jika lonjakan penumpang yang membludak, itu khusus Tanjungpinang- Batam,” sebutnya. Dalam menjaga keselamatan para penumpang serta kelayanakan kapal, Misbachin menjelaskan, pihaknya akan bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk melakukan tes urine para nakhoda serta para kru kapal.

”Pihak BNN sudah berkoordinasi dengan kita untuk melakukan pengecekan urine para kru kapal, ini dilakukan agar tidak terjadi sesuatu dalam perjalanan,” ungkapnya. (cr27/asr)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here